Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Tekanan Darah

Kompas.com - 22/05/2024, 14:40 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Singkong adalah tanaman umbi yang menjadi sumber utama kalori dan karbohidrat dalam makanan bagi masyarakat di banyak negara.

Tanaman ini umum ditemukan di daerah tropis karena kemampuannya menahan kondisi pertumbuhan yang sulit, dan termasuk salah satu tanaman yang paling tahan kekeringan.

Bagian tanaman singkong yang paling sering dikonsumsi adalah daun dan akarnya (disebut singkong atau ubi), yang dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner.

Daunnya biasa diolah menjadi sayur, sedangkan singkong bisa dikonsumsi utuh, diparut, atau digiling menjadi tepung untuk digunakan menjadi roti dan kerupuk.

Baca juga: 5 Khasiat Rebusan Daun Singkong yang Jarang Diketahui


Singkong memiliki sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh, berupa serat serta beberapa vitamin dan mineral, menurut laman Healthline.

Satu porsi singkong matang seberat 100 gram mengandung 191 kalori. Sekitar 84 persen di antaranya berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan lemak.

Singkong juga kaya akan vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan, mendukung produksi kolagen, dan meningkatkan kekebalan tubuh, serta manfaat lainnya.

Ia juga mengandung tembaga, mineral yang diperlukan untuk sintesis neurotransmitter, produksi energi, metabolisme zat besi, dan banyak lagi.

Baca juga: Viral Singkong Sepanjang 2 Meter, Jenis Apakah Itu? Ini Penjelasannya

Potensi manfaat singkong untuk kesehatan

Manfaat singkong untuk kesehatan.iStockphoto/Gonzalo Calle Asprilla Manfaat singkong untuk kesehatan.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa potensi manfaat mengonsumsi singkong bagi kesehatan:

1. Baik untuk pencernaan

Dikutip dari laman Medical News Today, singkong merupakan sumber pati resisten yang baik untuk pencernaan karena relatif tidak berubah saat melewati saluran pencernaan.

Menurut para ilmuwan, pati resisten dapat meningkatkan kesehatan usus seseorang dengan membantu memelihara bakteri usus yang bermanfaat.

Baca juga: Potensi Manfaat Mengonsumsi Edamame untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

2. Melindungi sel

Dilansir dari laman Health.com, singkong kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam tubuh, melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit.

Karena efek perlindungan selnya, mengonsumsi makanan kaya vitamin C dapat mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu, seperti kanker.

3. Baik untuk pertumbuhan

Singkong juga merupakan sumber folat yang baik, yakni vitamin B yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah, pertumbuhan, perkembangan, dan pengaturan asam amino yang disebut homosistein.

Baca juga: Potensi Khasiat Buah Delima untuk Kesehatan Kulit, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com