Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa 2021, Dimulai Pukul 16.45 WIB

Kompas.com - 12/04/2021, 09:45 WIB
Kemenag akan menyiarkan langsung sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2021, salah satunya melalui kanal YouTube Kemenag, Senin (12/4/2021). YouTube Kemenag RIKemenag akan menyiarkan langsung sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2021, salah satunya melalui kanal YouTube Kemenag, Senin (12/4/2021).

KOMPAS.com - Penetapan awal Ramadhan 1442 H atau puasa 2021 akan ditentukan melalui sidang isbat pada hari ini, Senin (12/4/2021).

Sidang isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta.

Kementerian Agama juga menyiarkan sidang isbat ini secara langsung di saluran televisi, radio, dan media sosial.

"Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI dan Medsos Kemenag," kata Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim, seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Kapan Mulai Puasa 2021? Ikuti Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan Mulai Sore Nanti

Link siaran langsung sidang isbat

Ada tiga tahapan dalam acara sidang isbat. Sesi pertama akan dimulai pukul 16.45 WIB.

Sesi ini akan juga akan disiarkan secara live, dengan memaparkan posisi hilal awal Ramadhaan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Untuk melihat siarang langsung sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1442 H, dapat melalui beberapa link berikut:

Baca juga: Penentuan Awal Puasa 2021, Ini 86 Lokasi Pemantauan Hilal di Seluruh Indonesia

Pada sesi kedua, Kementerian Agama akan menyampaikan konferensi pers hasil sidang. Dilanjutkan dengan sesi ketiga, yaitu shalat Maghrib berjamaah. 

Sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1442 H akan dihadiri oleh sejumlah pihak terkait.

Pihak tersebut, seperti Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institusi Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kemenag, dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X