Kapan Mulai Shalat Tarawih? Ini Jadwal Puasa Lengkap Ramadhan 2021 di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 11/04/2021, 21:00 WIB
Petugas meneropong posisi hilal saat kegiatan rukyat hilal di IAIN Madura, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (21/7/2020). Rukyat hilal untuk menentukan awal Dzulhijjah 1441 H itu diikuti Santti Pesantren Bata-Bata, Badan Hisab Rukyat (BHR) dan Civitas Akademik Universitas Islam Madura (UIM). ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRIPetugas meneropong posisi hilal saat kegiatan rukyat hilal di IAIN Madura, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (21/7/2020). Rukyat hilal untuk menentukan awal Dzulhijjah 1441 H itu diikuti Santti Pesantren Bata-Bata, Badan Hisab Rukyat (BHR) dan Civitas Akademik Universitas Islam Madura (UIM).

KOMPAS.com - Kepastian kapan mulai shalat Tarawih dan awal puasa Ramadhan 2021 masih menunggu hasil dari sidang isbat yang akan dilaksanakan Senin (12/4/2021). 

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin mengatakan, rencananya sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1422 H akan dilakukan pada 12 April 2021.

"Untuk Isbat awal Ramadhan 1442 H pada tanggal 12 April 2021 M," kata Kamaruddin, mengutip Kompas.com, Minggu (14/3/2021) malam.

Baca juga: Link Download Jadwal Puasa Ramadhan 2021 di Seluruh Indonesia

Meski belum ada keputusan resmi awal Ramadhan 1442, tetapi masyarakat Indonesia sudah bisa melihat jadwal puasa di beberapa link yang tersedia.

Berikut cara cek jadwal imsakiyah dari laman Bimas Islam Kemenag RI dapat dilihat di sini. 

Jemaah tinggal menyesuaikan provinsi dan kota/kabupaten tempat tinggal untuk mengetahui jadwal puasa dan imsakiyah 2021. 

Jadwal puasa NU

Bagi jemaah Nahdlatul Ulama (NU) yang ingin melihat jadwal puasa Ramadhan 1442 H dapat mengakses laman: http://falakiyah.nu.or.id/JadwalImsakiyahPuasa.aspx

Caranya, pilih nama lokasi dan klik "Process". Jadwal akan tampil dalam bentuk tabel.

Baca juga: Cara Cek Jadwal Puasa Ramadhan 2021 di Seluruh Indonesia

Ada pilihan untuk mengunduh jadwal tersebut dengan format exel, word atau XML. Caranya dengan klik salah satu dari tiga ikon yang terdapat di akhir tabel jadwal.

Dilansir dari situs resmi Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, puasa Ramadhan dimulai pada 13 April 2021 sampai 13 Mei 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X