Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2022, 19:31 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Air sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Namun, 96 persen air cair di Bumi merupakan air laut yang mengandung begitu banyak garam, sehingga tak dapat diminum oleh manusia karena air ini rasanya asin.

Air laut yang asin tak akan menghilangkan dahaga dan minum terlalu banyak justru bisa menyebabkan kematian karena dehidrasi.

Jadi mengapa kita tak bisa meminum air asin?

Jawaban atas pertanyaan itu sebenarnya cukup sederhana. Air asin terlalu asin untuk dikelola oleh ginjal kita.

Mengutip Live Science, Selasa (28/6/2022) rasa asin atau salinitas air laut terlalu tinggi untuk diproses dengan aman oleh manusia karena sel kita membutuhkan air dalam bentuk yang relatif murni.

"Untuk sebagian besar hewan, ginjal menyaring kotoran dari air. Apa yang terjadi ketika Anda minum air asin adalah Anda menelan banyak garam yang sebenarnya perlu dibersihkan dari tubuh," kata Rob DeSalle, kurator di Sackler Institute for Comparative Genomics di American Museum of Natural History, New York.

Baca juga: Daftar Danau Terbesar di Dunia, Nomor 1 Memiliki Air Asin Seperti Laut

Air asin yang masuk ke dalam tubuh, atau terminum, akan dibersihkan oleh ginjal. Pembersihan itu dilakukan dalam bentuk urine yang dihasilkan ginjal dengan melarutkan kotoran dalam air berlebih yang kemudian dikirim ke kandung kemih untuk dibuang.

Sementara air asin mengandung lebih dari tiga kali jumlah garam yang biasanya ada dalam darah manusia.

Ini berarti bahwa untuk setiap cangkir air asin yang diminum, Anda harus minum setidaknya volume air yang sama agar ginjal Anda dapat membuang semua garam itu.

"Jadi mengapa tak minum air asin karena Anda hanya akan menyisakan lebih banyak garam yang harus dibersihkan dengan air. Selain itu air asin tak akan pernah bisa memuaskan dahaga melainkan hanya membuat Anda lebih haus," ungkap DeSalle.

Beberapa hewan bisa minum air laut, mengapa manusia tidak bisa minum air asin?

Manusia tak bisa minum air asin, namun ada beberapa hewan di ekosistem laut memiliki adaptasi yang memungkinkan mereka untuk minum air laut atau air asin dengan aman.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Cara Buaya Air Asin Menyebrangi Laut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com