Kompas.com - 28/06/2022, 17:02 WIB


KOMPAS.com - Strain virus polio, yang terkadang bisa menyebabkan kelumpuhan pada seseorang, terdeteksi di London dan kemungkinan telah menyebar.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah meluncurkan penyelidikan untuk memahami ruang lingkup penyebaran dan menandai setiap kasus yang dicurigai sebagai virus polio.

Virus polio secara umum menimbulkan risiko sangat rendah bagi masyarakat umum. Tapi, penyakit ini berpotensi menyebar di daerah dengan cakupan vaksin polio yang tidak merata.

Biasanya vaksinasi polio diberikan saat masa kanak-kanak, kelompok di bawah usia lima tahun atau balita.

“Terkadang dapat menyebabkan kelumpuhan pada orang yang tidak divaksinasi (polio) lengkap. Jadi jika belum vaksin polio sangat penting untuk melakukannya,” ujar konsultan epidemiologi di UKHSA Dr. Vanessa Saliba seperti dikutip dari Live Science, Selasa (28/6/2022).

Di London, pejabat kesehatan mendeteksi beberapa virus polio yang terkait erat dalam sampel limbah yang dikumpulkan selama Februari hingga Mei.

Baca juga: Kabar Baik, Virus Polio Liar Tipe Tiga Telah Dimusnahkan

Virus polio teridentifikasi pada limbah kotoran manusia, dari sampel yang dikumpulkan tersebut, ditemukan virus polio yang diturunkan dari vaksin tipe 2 (VDPV2), jenis yang paling umum dari virus polio yang diturunkan dari vaksin.

Vaksin VDVP2 jarang dapat menyebabkan penyakit parah dan kelumpuhan pada orang yang tidak sepenuhnya divaksinasi.

Kendati begitu, kehadiran VDPV2 mengisyaratkan virus polio kemungkinan telah menyebar di antara orang-orang di London Utara dan Timur, yang saat ini mengeluarkan virus melalui tinja mereka.

Lebih lanjut, sejauh ini virus polio hanya terdeteksi di limbah kotoran manusia dan tak ada kasus kelumpuhan yang dilaporkan.

“Mayoritas warga London sepenuhnya terlindungi dari polio dan tidak perlu mengambil tindakan lebih lanjut, tapi Pelayanan Kesehatan Nasional (National Health Service/NHS) akan mulai menjangkau orang tua dari anak-anak berusia di bawah 5 tahun di London yang belum mengetahui vaksinasi polio," kata Jane Clegg, kepala perawat untuk NHS.

Anak-anak berusia 5 tahun dan orangtua yang belum mengetahui vaksinasi polio akan diundang, untuk mencegah dan melindungi anak-anak dari penularan virus polio ini.

Baca juga: Dokter AS Gunakan Virus Polio untuk Obati Kanker Otak

Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.