Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kandidat Vaksin Pfizer-BioNTech Diklaim Tingkatkan Respons Kekebalan terhadap Varian Omicron

Kompas.com - 28/06/2022, 13:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech mengatakan, dua vaksin booster yang kandungannya telah diperbaharui untuk menargetkan varian Omicron, aman dan efektif.

Pihaknya menyebut, vaksin tersebut menunjukkan respons kekebalan jauh lebih tinggi dibandingkan vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini.

Dilansir dari CNN, Sabtu (25/6/2022) para peneliti Pfizer-BioNTech telah menguji vaksin yang menargetkan subvarian Omicron BA.1 atau monovalen dan vaksin bivalen. Vaksin bivalennya, menargetkan dua jenis varian yaitu Omicron dan strain asli virus corona.

Dalam studinya, tim peneliti mengamati dua tingkat dosis yang berbeda antara lain 30 mikrogram dan 60 mikrogram, terhadap lebih dari 1.200 orang dewasa berusia 56 tahun ke atas.

Baca juga: FDA Izinkan Vaksin Moderna dan Pfizer untuk Anak Usia 6 Bulan, Berapa Dosisnya?

Hasilnya menunjukkan, bahwa pada kedua tingkatan dosis yang diberikan kepada peserta, booster dari kandidat vaksin yang dimodifikasi menghasilkan respons imun lebih baik terhadap varian Omicron.

Satu bulan setelah suntikan, vaksin monovalen memberikan hasil peningkatan antibodi untuk menangkal Omicron sebesar 13,5 sampai 19,6 kali lipat, bergantung pada dosis yang diberikan. Sementara pemberian vaksin bivalen menunjukkan peningkatan antibodi sebesar 9,1 hingga 10,9 kali lipat.

"Laporan awal dari penelitian di laboratorium juga menemukan bahwa vaksin dapat menetralkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5," kata perwakilan Pfizer-BioNTech.

Kedua kandidat vaksin, lanjut mereka, tampaknya aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh peserta penelitian.

Adapun hasil studi ini telah dipublikasikan kepada media, namun belum ditinjau atau diterbitkan oleh rekan sejawat.

"Berdasarkan data ini, kami yakin memiliki dua kandidat kuat yang dimodifikasi menghasilkan respons kekebalan yang jauh lebih tinggi terhadap Omicron daripada yang kami lihat sejauh ini," ujar Chief Executive Officer Pfizer, Albert Bourla.

Ia menambahkan, perusahannya akan menyesuaikan kebutuhan untuk mengatasi pandemi Covid-19 seiring dengan perkembangan virus yang saat ini masih berlangsung.

Baca juga: CEO Pfizer Sebut Vaksinasi Dosis Keempat Penting Dilakukan untuk Lawan Omicron

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com