2 Kandidat Vaksin Pfizer-BioNTech Diklaim Tingkatkan Respons Kekebalan terhadap Varian Omicron

Kompas.com - 28/06/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech mengatakan, dua vaksin booster yang kandungannya telah diperbaharui untuk menargetkan varian Omicron, aman dan efektif.

Pihaknya menyebut, vaksin tersebut menunjukkan respons kekebalan jauh lebih tinggi dibandingkan vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini.

Dilansir dari CNN, Sabtu (25/6/2022) para peneliti Pfizer-BioNTech telah menguji vaksin yang menargetkan subvarian Omicron BA.1 atau monovalen dan vaksin bivalen. Vaksin bivalennya, menargetkan dua jenis varian yaitu Omicron dan strain asli virus corona.

Dalam studinya, tim peneliti mengamati dua tingkat dosis yang berbeda antara lain 30 mikrogram dan 60 mikrogram, terhadap lebih dari 1.200 orang dewasa berusia 56 tahun ke atas.

Baca juga: FDA Izinkan Vaksin Moderna dan Pfizer untuk Anak Usia 6 Bulan, Berapa Dosisnya?

Hasilnya menunjukkan, bahwa pada kedua tingkatan dosis yang diberikan kepada peserta, booster dari kandidat vaksin yang dimodifikasi menghasilkan respons imun lebih baik terhadap varian Omicron.

Satu bulan setelah suntikan, vaksin monovalen memberikan hasil peningkatan antibodi untuk menangkal Omicron sebesar 13,5 sampai 19,6 kali lipat, bergantung pada dosis yang diberikan. Sementara pemberian vaksin bivalen menunjukkan peningkatan antibodi sebesar 9,1 hingga 10,9 kali lipat.

"Laporan awal dari penelitian di laboratorium juga menemukan bahwa vaksin dapat menetralkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5," kata perwakilan Pfizer-BioNTech.

Kedua kandidat vaksin, lanjut mereka, tampaknya aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh peserta penelitian.

Adapun hasil studi ini telah dipublikasikan kepada media, namun belum ditinjau atau diterbitkan oleh rekan sejawat.

"Berdasarkan data ini, kami yakin memiliki dua kandidat kuat yang dimodifikasi menghasilkan respons kekebalan yang jauh lebih tinggi terhadap Omicron daripada yang kami lihat sejauh ini," ujar Chief Executive Officer Pfizer, Albert Bourla.

Ia menambahkan, perusahannya akan menyesuaikan kebutuhan untuk mengatasi pandemi Covid-19 seiring dengan perkembangan virus yang saat ini masih berlangsung.

Baca juga: CEO Pfizer Sebut Vaksinasi Dosis Keempat Penting Dilakukan untuk Lawan Omicron

Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.