Fenomena Langka Bulan Baru Stroberi Mikro pada 29 Juni, Catat Waktunya

Kompas.com - 28/06/2022, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon yang merupakan fenomena astronomis langka, akan berlangsung besok, Rabu (29/6/2022).

Perlu diketahui, keistimewaan purnama kali ini dikarenakan bertepatan dengan micromoon yang terjadi setiap 9 tahun sekali.

Tak perlu khawatir, keindahan peristiwa astronomis ini bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia, tanpa alat bantu optik apa pun, kecuali jika ingin mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video.

Baca juga: Fenomena Langka 9 Tahun Sekali, Bulan Baru Mikro Diapit 2 Kali Supermoon

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, Bulan Baru Mikro kali ini diapit oleh dua Bulan Purnama Super yang terjadi pada dua bulan berturut-turut.

“Fenomena ini terakhir kali terjadi pada 2004 dan 2013, sehingga bisa dikatakan fenomena ini terjadi setiap 9 tahun sekali,” ujar Andi seperti dikutip Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Bulan Baru Stroberi Mikro tidak dapat disaksikan sebelum matahari terbit, sebab munculnya lebih lambat dibandingkan matahari dan permukaan bulan yang menghadap bumi tidak terkena cahaya matahari, sehingga tampak gelap.

Waktu menyaksikan Bulan Baru Stroberi Mikro

Andi menambahkan, penamaan ini berasal dari The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika) di mana pada bulan Juni dilakukan panen stroberi.

“Sebenarnya penamaannya berasal dari penanda musim dan perilaku hewan yang timbul pada musim-musim tertentu bagi penduduk asli Amerika,” jelas dia.

Peristiwa Bulan Baru Stroberi Mikro akan terjadi pukul 09.52 WIB/10.52 Wita/11.52 WIT pada jarak 406.569 km.

Baca juga: Ada Bulan Purnama Strawberry Besok Malam, Akankah Terlihat Mirip Stroberi?

Dampak fenomena Bulan Baru Stroberi

Sebagaimana halnya fase purnama maupun fase bulan baru pada umumnya, Bulan Baru Stroberi Mikro dapat menimbulkan pasang laut yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Adapun pasang laut yang terjadi pada 29 Juni 2022 perlu dipertimbangka,n karena gaya pasang laut saat Bulan Baru Mikro secara logaritmik adalah 52 persen gaya pasang laut saat Bulan Perbani Super.

“Sehingga perlu mewaspadai pasang laut ini antara 27 Juni hingga 1 Juli 2022 mendatang,” pungkas Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.