Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Danau Terbesar di Dunia, Nomor 1 Memiliki Air Asin Seperti Laut

Kompas.com - 07/11/2021, 13:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah kamu danau terbesar di dunia bisa disebut juga dengan laut? Tentu kamu penasaran dan ingin tahu danau terbesar di dunia. Berikut daftarnya.

1. Laut Kaspia: 371.000 kilometer persegi

Danau terbesar di dunia adalah Laut Kaspia. Jangan tertipu dengan namanya. Walaupun bernama laut, namun ini adalah danau. Laut Kaspia disebut dengan laut karena dua alasan.

Pertama, Laut Kaspia memiliki air yang asin. Walaupun tidak seasin air laut pada umumnya, ini tetap membedakan air Laut Kaspia dengan air tawar lainnya.

Kedua, karena luas danaunya yang sangat luas. Laut Kaspia memiliki luas 371.000 kilometer persegi dan merupakan 40 persen dari total luas danau di dunia. Selain itu, danau ini memiliki titik yang sangat dalam, yaitu 1.025 meter.

Laut Kaspia terletak di antara dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Danau besar ini bersinggungan dengan lima negara, yaitu Kazakhstan, Rusia, Turmenistan, Azerbaijan, dan Iran.

2. Danau Superior: 82.100 kilometer persegi

Danau terbesar kedua adalah Danau Superior. Danau ini berada di antara Amerika Serikat dan Kanada. Terdapat tiga negara bagian Amerika Serikat yang dilewati danau ini, yaitu Minnesota, Wisconsin, dan Michigan.

Danau ini merupakan danau air tawar terbesar di dunia. Titik terdalam danau superior berada di titik 406 meter.

Baca juga: 5 Sungai Terpanjang di Dunia, Ada yang Melintasi 11 Negara

3. Danau Victoria: 68.870 kilometer persegi

Danau Victoria adalah danau terbesar ketiga di dunia. Nama Victoria diambil dari nama Ratu Victoria, Ratu Inggris pada abad ke-19.

Danau ini adalah danau terbesar di Afrika. Danau ini bersinggungan dengan tiga negara, yaitu Uganda, Kenya, dan Tanzania. Danau ini cukup dangkal dibandingkan dengan danau besar lainnya. Titik terdalam Danau Victoria hanya sedalam 81 meter.

4. Danau Huron: 59.588 kilometer persegi

Danau Huron adalah danau terbesar keempat. Lokasinya berada di antara Kanada dan Amerika Serikat. Tidak hanya luas, danau ini juga cukup dalam. Danau Huron memiliki kedalaman hingga 229 meter.

Baca juga: Terkuak, Ada Danau Baru Tersembunyi di Bawah Es Antartika

5. Danau Michigan: 28.030 kilometer persegi

Danau Michigan adalah danau terbesar kelima. Danau ini adalah danau terbesar yang lokasinya hanya berada di Amerika Serikat. Uniknya, Danau Michigan terhubung dengan Danau Huron melalui sungai kecil, yaitu sungai Mackinac.

Nama Michigan, yang menjadi nama danau dan negara bagiannya, berasal dari Bahasa Ojibwe “michigami” yang berarti air yang besar. Ojibwe adalah penduduk asli di daerah tersebut.
Itu dia danau terbesar di dunia. Apa Anda ingin mengunjunginya suatu hari nanti?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com