Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Penyebab Sering Hujan Awal November | Burung Kaki Panjang yang Rawat Rumput JIS

Kompas.com - 07/11/2021, 09:05 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu berita paling banyak dibaca akhir pekan ini adalah penyebab sering hujan di awal November yang dijelaskan oleh BMKG.

Selain itu, analisis BMKG soal banjir bandang di Batu Malang yang terjadi pada Kamis (4/11/2021) juga menjadi berita populer lainnya.

Burung berkaki panjang yang merawat rumput lapangan JIS menarik perhatian publik. Burung apa sih itu, kenapa dimanfaatkan untuk merawat rumput lapangan sepak bola?

Berita populer lainnya, proses pembentukan berlian dari luar angkasa juga menjadi berita populer lain.

Berikut rangkuman berita populer Sains Kompas.com sepanjang Sabtu (6/11/2021) hingga Minggu (7/11/2021) pagi.

Penyebab sering hujan di awal November

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto mengatakan, sebenarnya potensi bencana alam ini sudah diimbau sejak bulan lalu.

"Sebagaimana yang telah diprediksi oleh BMKG bulan Oktober lalu, curah hujan di berbagai wilayah di Indonesia memang akan semakin meningkat di bulan November ini," kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/11/2021).

Curah hujan yang meningkat itu sejalan dengan terjadinya La Nina dan Monsun Asia, yang dapat disertai dengan terjadinya berbagai fenomena labilitas atmosfer yang bersifat lebih lokal dan dalam durasi yang lebih singkat.

Tentunya, hal tersebut berpotensi makin meningkatnya risiko terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang dan angin kencang.

Mengingat potensi bencana akibat sering hujan selama awal November ini, kata dia, BMKG terus mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang menuntut kesiapsiagaan berbagai pihak dan masyarakat untuk menghadapi, mengurangi risiko, bahkan sedapat mungkin mencegah terjadinya bencana hidrometeorologi tersebut.

Selengkapnya baca di sini:

Penyebab Sering Hujan Awal November, BMKG Jelaskan Pemicunya

Analisis BMKG soal banjir bandang di Batu Malang

Bencana hidrometeorologi yang juga menjadi sorotan dua hari terakhir ini adalah kejadian banjir bandang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu-Malang,Provinsi Jawa Timur. Banjir bandang yang sudah terjadi pada tanggal 04 November 2021, serta beberapa wilayah lainnya yang mengalami curah hujan tinggi.

"Bencana hidrometeorologi di wilayah Alor dan Kota Batu tersebut secara umum turut dipicu oleh kondisi cuaca ekstrem," kata dia.

Berdasarkan hasil analisis cuaca BMKG, curah hujan yang terjadi di wilayah Kota Batu-Malang pada tanggal 04 November 2021 termasuk kategori sangat lebat dengan intensitas curah hujan mencapai 80,3 mm yang terjadi dalam periode sekitar 2 jam (pengukuran jam 13.55 - 16.05 WIB).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com