[POPULER SAINS] Penyebab Sering Hujan Awal November | Burung Kaki Panjang yang Rawat Rumput JIS

Kompas.com - 07/11/2021, 09:05 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Sabtu (6/11/2021) hingga Minggu (7/11/202!) pagi. Mulai dari analsisi BMKG soal banjir bandang di Batu Malang, penyebab sering hujan di awal November, hingga mengenal burung kaki panjang yang merawat rumput di JIS. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Sabtu (6/11/2021) hingga Minggu (7/11/202!) pagi. Mulai dari analsisi BMKG soal banjir bandang di Batu Malang, penyebab sering hujan di awal November, hingga mengenal burung kaki panjang yang merawat rumput di JIS.

KOMPAS.com - Salah satu berita paling banyak dibaca akhir pekan ini adalah penyebab sering hujan di awal November yang dijelaskan oleh BMKG.

Selain itu, analisis BMKG soal banjir bandang di Batu Malang yang terjadi pada Kamis (4/11/2021) juga menjadi berita populer lainnya.

Burung berkaki panjang yang merawat rumput lapangan JIS menarik perhatian publik. Burung apa sih itu, kenapa dimanfaatkan untuk merawat rumput lapangan sepak bola?

Berita populer lainnya, proses pembentukan berlian dari luar angkasa juga menjadi berita populer lain.

Berikut rangkuman berita populer Sains Kompas.com sepanjang Sabtu (6/11/2021) hingga Minggu (7/11/2021) pagi.

Penyebab sering hujan di awal November

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto mengatakan, sebenarnya potensi bencana alam ini sudah diimbau sejak bulan lalu.

"Sebagaimana yang telah diprediksi oleh BMKG bulan Oktober lalu, curah hujan di berbagai wilayah di Indonesia memang akan semakin meningkat di bulan November ini," kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/11/2021).

Curah hujan yang meningkat itu sejalan dengan terjadinya La Nina dan Monsun Asia, yang dapat disertai dengan terjadinya berbagai fenomena labilitas atmosfer yang bersifat lebih lokal dan dalam durasi yang lebih singkat.

Tentunya, hal tersebut berpotensi makin meningkatnya risiko terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang dan angin kencang.

Mengingat potensi bencana akibat sering hujan selama awal November ini, kata dia, BMKG terus mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang menuntut kesiapsiagaan berbagai pihak dan masyarakat untuk menghadapi, mengurangi risiko, bahkan sedapat mungkin mencegah terjadinya bencana hidrometeorologi tersebut.

Selengkapnya baca di sini:

Penyebab Sering Hujan Awal November, BMKG Jelaskan Pemicunya

Analisis BMKG soal banjir bandang di Batu Malang

Bencana hidrometeorologi yang juga menjadi sorotan dua hari terakhir ini adalah kejadian banjir bandang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu-Malang,Provinsi Jawa Timur. Banjir bandang yang sudah terjadi pada tanggal 04 November 2021, serta beberapa wilayah lainnya yang mengalami curah hujan tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.