Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2021, 18:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comTeh chamomile banyak dikonsumsi untuk kesehatan. Salah satu manfaat teh chamomile yang terkenal adalah untuk menenangkan diri dan mengatasi insomnia. Ternyata, tidak hanya itu, teh chamomile memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat teh chamomile untuk kesehatan

1. Mengurangi nyeri menstruasi

Studi ilmiah menunjukkan bahwa teh chamomile mampu mengurangi nyeri saat menstruasi. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan wanita mengalami kecemasan yang lebih rendah terhadap sakit menstruasi yang mungkin dirasakan.

2. Menurunkan gula darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa teh chamomile bisa menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes. Walaupun efeknya belum bisa menggantikan obat diabetes, namun teh ini bisa menjadi suplemen penunjang pengobatan diabetes.

3. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit berkurangnya kepadatan tulang. Penyakit ini banyak menyerang wanita setelah menopause yang dipicu turunnya hormon estrogen. Menurut penelitian, osteoporosis memiliki efek antiestrogen sehingga bisa menjaga kepadatan tulang.

4. Mengurangi radang

Radang atau inflamasi kronis bisa memicu berbagai penyakit pada manusia, contohnya arthritis, autoimun, dan penyakit kardiovaskular. Chamomile mengandung zat yang mampu meredakan inflamasi dan mencegah berbagai penyakit.

Baca juga: Es Teh vs Teh Panas, Mana yang Lebih Sehat?

5. Mencegah dan mengobati kanker

Penelitian menunjukkan teh chamomile bisa menargetkan sel kanker dan mencegah kankernya berkembang. Namun, penelitian tersebut masih terbatas pada binatang. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek antikanker ini.

6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Sebuah penelitian terbatas pada tikus menemukan bahwa teh chamomile berpotensi mencegah dan mengobati diare dan ulser lambung. Potensi ini cukup menjanjikan sebagai alternatif herbal untuk saluran pencernaan.

7. Obat tidur yang ampuh

Chamomile mengandung antioksidan unik, yaitu apigenin. Apigenin adalah antioksidan yang berikatan dengan reseptor di otak untuk memicu rasa kantuk dan membuat tidur lebih nyenyak. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi teh chamomile secara rutin bisa tidur lebih nyenyak dan tertidur lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com