Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2021, 16:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Kuda laut merupakan hewan air yang berkembang biak dengan cara yang unik dan berbeda dari kebanyakan hewan lainnya.

Kuda laut berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan (ovovivipar). Menariknya, kuda laut jantan adalah yang bertugas menjaga telur dalam tubuhnya hingga saat melahirkan tiba.

Dilansir dari Science Daily, saat kuda laut kawin, betina memasukkan ovipositornya ke dalam kantong induk jantan dan menyimpan telur-telurnya yang tidak dibuahi ke dalam kantong tersebut.

Kemudian, kuda laut jantan melepaskan spermanya ke dalam kantong untuk membuahi sel telur yang diletakkan betina.

Setelah kuda laut betina menyimpan telurnya yang tidak dibuahi, kulit luar telur akan rusak dan jaringan dari kuda laut jantan tumbuh di sekitar telur di dalam kantong.

Baca juga: Cara Ikan Pari Berkembang Biak

Kuda laut jantan akan mengontrol lingkungan prenatal embrio di kantongnya. Mereka menjaga aliran darah di sekitar embrio, mengontrol konsentrasi garam di kantong, dan memberikan nutrisi serta oksigen kepada telur-telurnya sampai ia melahirkan.

Dilansir dari National Geographic, kuda laut jantan dan betina akan bertemu berulang kali, setiap pagi, untuk menari bersama.

Mereka juga berubah warna saat bergerak bersama, terkadang ekor mereka pun saling terkait.
Tarian tersebut bertujuan untuk memperkuat ikatan pasangan mereka dan membantu pasangan menilai status reproduksi satu sama lain.

Sebagaimana yang telah dijelaskan, hewan laut yang berada dalam keluarga yang sama dengan pipefish ini menugaskan jantan untuk hamil dan melahirkan anak-anak mereka.

Baca juga: Kura-Kura Berkembang Biak dengan Cara Ovipar, Begini Penjelasannya

Kuda laut jantan yang ramping dengan kantong yang besarnya hanya satu setengah sendok makan dapat menghasilkan 1.572 bayi kuda laut.

Tak lama setelah pejantan melahirkan bayi-bayi kuda laut, betina sudah menyiapkan telurnya dan mereka segera mengulang perkawinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com