Kompas.com - 26/07/2021, 14:03 WIB
Ilustrasi es teh freepikIlustrasi es teh

KOMPAS.comTeh adalah salah satu minuman yang paling banyak diminum oleh masyarakat setelah air putih. Beberapa meminumnya di pagi hari atau bahkan meminumnya setelah makan. Teh terkenal sebagai salah satu minuman yang paling sehat.

Namun, muncul pertanyaan, mana yang lebih sehat antara es teh dan teh panas? Apakah suhu teh akan mempengaruhi kandungan nutrisi di dalam teh? Simak terus untuk mengetahui jawaban menurut penelitian ilmiahnya.

Teh kaya akan antioksidan

Jenis teh ada berbagai macam. Salah satunya adalah teh hijau yang mengandung antioksidan paling tinggi. Antioksidan merupakan zat penting dalam tubuh dan bermanfaat untuk mencegah kanker.

Beberapa kandungan antioksidan yang banyak terkandung dalam teh adalah katekin, xanthine, dan asam galat. Jumlah kandungan tersebut bisa beragam berdasarkan jenis teh dan cara menyeduhnya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di NCBI meneliti tiga jenis teh dengan tiga macam cara menyeduh yang berbeda. Hasilnya mungkin di luar dugaan Anda.

Baca juga: Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Jadi Alternatif Minum Kopi

Cara menyeduh teh

Umumnya, orang akan menyeduh teh langsung dengan air panas. Beberapa lainnya percaya teh akan terasa lebih enak dengan merebus air bersama daun teh selama beberapa menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, belakangan ada satu metode baru yaitu cold brew atau menyeduh dengan air dingin. Menyeduh dengan air dingin dipercaya akan menjaga kandungan antioksidan yang terkandung di dalam teh sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Penelitian di atas meneliti tiga cara menyeduh teh, menyeduh dengan air panas, menyeduh dengan air dingin, dan menyeduh dengan air panas kemudian. diberi es batu.

Cara pertama adalah cara yang umum dilakukan. Teh diseduh dengan air panas dengan suhu 75 sampai 95 derajat Celcius selama 3 sampai 4 menit.

Cara kedua, teh di seduh dengan air dingin bersuhu 4 derajat Celcius dan disimpan di kulkas selama 12 jam. Sedangkan cara terakhir, menyeduh teh dengan cara pertama dan setelahnya diberi es batu. Cara terakhir kita kenal juga dengan es teh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.