Terkuak, Ada Danau Baru Tersembunyi di Bawah Es Antartika

Kompas.com - 14/07/2021, 09:04 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan menganalisis data pencitraan satelit milik Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) dan menemukan ada danau baru yang tersembunyi di bawah lapisan es Antartika.

Antartika selama ini dikenal sebagai daratan putih yang tertutup es di selatan kutub Bumi. Namun, siapa sangka dibalik landskap putih Antartika itu tersembunyi danau air yang mencair.

Saat menganalisis data dari satelit ICESat NASA, dilansir dari Science Alert, Selasa (13/7/2021) para ilmuwan mengungkapkan adanya variasi ketinggian es di Antartika Barat yang mencerminkan massa besar pergerakan air subglasial di bawah lapisan es.

Sebelum penemuan itu, telah diperkirakan bahwa danau es yang mencair itu berada sangat tersembunyi di dasar lapisan es Antartika. Di mana menjadi tempa es bertemu dengan batuan dasar benua di bawahnya.

Baca juga: Danau Berukuran Masif di Antartika Mendadak Menghilang

Namun, pada tahun 2007, para peneliti menemukan adanya fluktuasi ketinggian permukaan es Antartika, yang menandakan adanya pergerakan air yang mengalir di antara jaringan danau subglasial yang tersembunyi di bawahnya.

Aliran ini secara bergantian mengisi dan mengalirkan air sebelum airnya mengalir ke Samudra Selatan.

Data satelit ICESat-2 yang menunjukkan danau-danau baru yang tersembunyi di bawah es Antartika ini kembali dianalisis. Untuk diketahui, satelit tersebut kali pertama diluncurkan pada tahun 2018.

Danau baru tersembunyi di bawah es Antartika. Ada dua danau baru yang ditemukan, berdasarkan analisis pencitraan satelit NASA dan ESA.Siegfried et al./NASA Goddard/YouTube via SCIENCE ALERT Danau baru tersembunyi di bawah es Antartika. Ada dua danau baru yang ditemukan, berdasarkan analisis pencitraan satelit NASA dan ESA.