Matthew White Meninggal karena Diabetes, Kenapa Anak Bisa Terkena Diabetes?

Kompas.com - 24/01/2022, 21:00 WIB
Matthew White Instagram @official.mattwhiteMatthew White

KOMPAS.com - Aktor cilik Matthew White dikabarkan meninggal dunia pada Minggu, (23/1/2022) kemarin sekitar pukul 20.00 WIB.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (24/1/2022), sang manajer, Oki Hartanto mengungkapkan bahwa Matthew bukan meninggal karena terinfeksi Covid-19, melainkan penyakit diabetes yang diidapnya sejak lama.

"Ada penyakit lama, diabetes. Jadi bukan karena Covid," ujar Oki.

Kondisi kesehatan pemeran film Danur ini pun menurun sejak Sabtu lalu, kemudian pihak keluarga membawanya ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Baca juga: Sering Kebas dan Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Gangguan Saraf akibat Diabetes

Oki menambahkan, Matthew White memang sudah memiliki riwayat diabetes sejak sebelum masuk ke Am:pm Management. Namun, dia tidak menjelaskan lebih rinci terkait jenis diabetes apa yang dialami artisnya tersebut.

Kenapa anak bisa terkena diabetes?

Dokter Konsultan Endokrinologi Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo, dr Frida Soesanti, Sp.A (K), menjelaskan bahwa diabetes melitus (DM) pada dasarnya dibagi menjadi dua, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes melitus tipe 1 pada anak biasanya disebabkan karena sel di dalam organ pankreas yang seharusnya menghasilkan insulin rusak akibat dari proses autoimun.

Pada kondisi ini, antibodi menyerang sel yang menghasilkan insulin atau sel beta pankreas.

"Diabetes tipe 1 bukan karena gaya hidup atau gemuk, jadi biasanya mereka punya gen yang menyebabkan rentan terhadap terjadinya DM tipe 1, pencetusnya bisa banyak bisa karena infeksi dan lain-lain," papar Frida kepada Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Menurut dia, diabetes pada anak berbeda dengan orang dewasa, di mana diabetes tipe 1 cenderung lebih banyak diderita anak-anak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.