Kompas.com - 24/01/2022, 19:45 WIB

KOMPAS.comSistem endokrin menghasilkan zat yang disebut hormon. Hormon ini sangat penting karena menjadi zat kimia yang mengirimkan pesan ke seluruh tubuh dan apa yang harus dilakukan masing-masing organ. Contoh beberapa hal di tubuh yang dipengaruhi hormon adalah pubertas, kehamilan, dan stres.

Sistem endokrin

Sistem endokrin adalah sistem yang rumit dan melibatkan banyak organ. Fungsi utama sistem endokrin adalah untuk memproduksi dan mengontrol pelepasan hormon ke dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk meregulasi suasana hati, pertumbuhan dan perkembangan, metabolisme, organ, dan reproduksi.

Organ sistem endokrin

Dilansir dari WebMD, berikut ini adalah organ-organ yang termasuk ke dalam sistem endokrin manusia:

1. Hipotalamus

Hipotalamus adalah yang terletak di otak dan berfungsi untuk memberi pesan pada kelenjar pituitari kapan untuk memproduksi dan berhenti memproduksi hormon.

2. Kelenjar pituitari

Kelenjar pituitari adalah pusat kelenjar sistem endokrin. Kelenjar ini menggunakan pesan dari hipotalamus dan memberi tahu kelenjar lainnya di tubuh tentang apa yang harus dilakukan.

Kelenjar ini juga memproduksi berbagai hormon penting, seperti hormon pertumbuhan, hormon prolaktin yang memicu produksi ASI, hormon antidiuretik yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah, hingga hormon seksual yaitu estrogen pada wanita dan testosteron pada pria.

Baca juga: Apa Itu Hormon, Penjelasan Dan Fungsinya

3. Kelenjar pineal

Kelenjar pineal adalah bagian dari sistem endokrin yang memproduksi melatonin yang berfungsi mempersiapkan tubuh untuk tidur di malam hari.

4. Kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang bertanggung jawab atas pertumbuhan, kekuatan tulang dan metabolisme. Itulah sebabnya kondisi kurang hormon pertumbuhan disebut dengan hipotiroidisme.

5. Paratiroid

Kelenjar paratiroid mengontrol kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh. Kedua mineral ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan tulang.

6. Adrenal

Kelenjar adrenal adalah kelenjar yang menjadi pusat terjadinya mekanisme “fight or flight”. Kelenjar adrenal memproduksi hormon adrenalin dan kortikosteroid. Kedua hormon ini menyebabkan perubahan di dalam tubuh, seperti meningkatnya detak jantung dan aliran darah.

7. Pankreas

Sebagian besar orang mengira pankreas hanya bagian dari sistem pencernaan, padahal organ satu ini juga merupakan bagian dari sistem endokrin. Organ ini menghasilkan hormon insulin dan glukagon yang berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah.

Baca juga: Persamaan Sistem Saraf dan Sistem Endokrin

8. Ovarium

Ovarium adalah organ pada sistem reproduksi wanita yang menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini berperan untuk pubertas, seperti membuat payudara membesar, mengatur siklus menstruasi, dan menjaga kehamilan.

9. Testis

Organ reproduksi pria satu ini berfungsi untuk pubertas pada pria, seperti menumbuhkan rambut wajah dan tubuh, membesarkan penis, dan memproduksi sperma. Hal ini karena testis memproduksi hormon testosteron.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.