Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Vaksin Covid-19 Digunakan di Indonesia, Mana yang Efektif Lawan Varian Delta?

Kompas.com - 19/07/2021, 09:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Vaksin Pfizer dan Moderna segera melengkapi deretan vaksin Covid-19 yang digunakan Indonesia. Dari lima vaksin yang akan dan telah digunakan di Indonesia, ada beberapa yang dinilai efektif lawan varian Delta.

Varian Delta telah memicu lonjakan kasus Covid-19, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara.

Tak mengherankan, jika akhirnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melabeli varian virus corona ini sebagai Variant of Concern, varian yang mengkhawatirkan, sejak varian Covid-19 tersebut muncul pertama kali di India.

Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, keberadaan vaksin Covid-19 saat ini menjadi terancam, akibat munculnya varian-varian baru virus corona. Selain varian Delta, masih ada beberapa varian virus SARS-CoV-2 yang bermutasi dan semakin mengancam kesehatan masyarakat dunia.

Varian Delta mengandung dua mutasi virus, yang disebut para ahli berasal dari mutasi virus varian Alpha dari Inggris dan varian Beta dari Afrika Selatan. Sehingga membuat varian Delta menjadi lebih menular dan mungkin lebih mematikan.

Kendati varian ini mulai mengancam antibodi penetral yang dihasilkan oleh vaksin, namun sejumlah studi menunjukkan beberapa vaksin Covid-19 terbukti efektif melawan varian Delta.

Baca juga: 4 Vaksin Covid-19 Ini Efektif Lawan Varian Delta yang Lebih Menular

 

Berikut 5 vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia, beberapa di antaranya efektif melindungi dari infeksi varian Delta, yakni sebagai berikut.

1. Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan bersama ilmuwan Oxford University dan AstraZeneca, Inggris menjadi salah satu vaksin corona yang digunakan di Indonesia. Vaksin AstraZeneca adalah vaksin Covid-19 yang dikembangkan dari vektor virus flu, adenovirus simpanse.

Vaksin AstraZeneca pertama kali masuk ke Indonesia pada Maret 2021 lalu, setelah mengantongi izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (23/6/2021), vaksin AstraZeneca ini efektif dalam menekan risiko rawat inap yang disebabkan oleh infeksi varian Delta.

Dilansir dari Nature, studi yang dilakukan peneliti di Public Health England (PHE), menunjukkan bahwa dosis tunggal vaksin AstraZeneca dapat mengurangi risiko seseorang mengembangkan gejala Covid-19 dari infeksi varian Delta hingga 33 persen.

Selain efektif terhadap varian Delta, efikasi vaksin Covid-19 yang juga digunakan di Indonesia ini terhadap varian Alpha, dengan satu dosis vaksin AstraZeneca tersebut dapat memberikan perlindungan hingga 50 persen.

Baca juga: 5 Vaksin Covid-19 yang Akan Digunakan di Indonesia dan Perbedaannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com