Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Vaksin Covid-19 Ini Efektif Lawan Varian Delta yang Lebih Menular

Kompas.com - 15/07/2021, 16:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Varian Delta terus menyebar dan menyebabkan melonjaknya angka penularan Covid-19 di dunia. Empat vaksin Covid-19, salah satunya vaksin Pfizer disebut efektif melawan varian corona yang disebut lebih menular.

Varian virus corona yang pertama kali teridentifikasi di India, telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat. Bahkan, kini para ahli menduga varian Delta telah mendominasi strain Covid-19 di seluruh dunia.

Varian Delta yang dikenal lebih menular telah menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 saat ini, sehingga tak heran varian virus SARS-CoV-2 tersebut dilabeli sebagai Variant of Concern oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kendati demikian, saat ini para ilmuwan kembali menguji vaksin-vaksin Covid-19 yang ada untuk melihat ketahanan dan kemampuan dalam memberikan perlindungan dari varian Delta.

Ada empat vaksin Covid-19 yang saat ini menunjukkan efektivitasnya dalam melawan varian Delta yang sangat menular. Vaksin-vaksin virus corona ini antara lain sebagai berikut.

Baca juga: Pfizer Ajukan Izin Suntikan Booster Vaksin untuk Cegah Varian Delta

 

1. Vaksin Pfizer-BioNTech

Dilansir dari The New York Times, Kamis (15/7/2021), para peneliti di Inggris melaporkan bahwa pada Mei lalu, dua dosis vaksin Pfizer yang dikembangkan bersama BioNTech, 88 persen efektif melindungi dari gejala Covid-19 varian Delta.

Sebuah studi bulan Juni dari Skotlandia, juga menyimpulkan bahwa vaksin mRNA ini 79 persen efektif melawan varian Delta tersebut.

Pada 3 Juli lalu, tim peneliti di Kanada mematok efektivitas vaksin Pfizer dalam melawan varian Covid-19 Delta mencapai 87 persen.

Namun, Kementerian Kesehatan Israel mengumumkan pada 5 Juli lalu, bahwa efektivitas vaksin Pfizer turun dari sekitar 95 persen menjadi 64 persen terhadap semua infeksi virus corona.

Pada Mei lalu, efektivitas vaksin Covid-19 mRNA tersebut cukup tinggi, namun kemudian menurun setelah varian Delta menanjak hingga hampir mendominasi seluruh kasus Covid-19 di Israel.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Pfizer Beri Perlindungan dari Varian Covid-19 Delta dan Alpha

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com