Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Awal Vaksin Pfizer di Israel, Vaksin Ini Tidak Efektif Lawan Varian Delta

Kompas.com - 06/07/2021, 17:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Israel adalah negara dengan hampir seluruh penduduknya telah disuntik vaksin Pfizer. Namun, ilmuwan mengungkapkan data studi awal vaksin Covid-19 ini, kemungkinan vaksin ini tidak efektif terhadap varian Delta.

Ketua panel ahli nasional Israel tentang Covid-19, Ran Balicer mengatakan bahwa terlalu dini untuk menilai secara tepat efektivitas vaksin terhadap varian virus corona yang kali pertama diidentifikasi di India.

Di seluruh dunia, varian Delta disebut bertanggung jawab atas melonjaknya kasus Covid-19.

Sejumlah negara telah melaporkan kenaikan kasus yang sangat cepat, yang disebut telah disebabkan oleh penyebaran varian Delta asal India.

Kendati demikian, seperti dilansir dari Medial Xpress, Selasa (6/7/2021) data awal para ilmuwan Israel ini hanya menunjukkan sebagian.

Baca juga: Suntikan Pertama Vaksin Pfizer di Israel 85 Persen Efektif, Studi Jelaskan

 

Sebab, jumlah kasus yang rendah, secara keseluruhan di antara orang Israel yang telah menerima vaksin Pfizer secara penuh, serta paparan virus dan kemungkinan pengujian yang tidak merata di seluruh populasi.

Hal ini semakin memperumit upaya untuk mencapai kesimpulan tentang data.

Balicer yang juga chief innovation officer di Clalit, organisasi pemeliharaan kesehatan terbesar Israel (HMO) mengatakan bahwa kemunculan varian Delta sebagai "strain dominan" di Israel, telah menyebabkan perubahan besar dalam dinamika transmisi.

Israel menjadi negara terdepan dalam program vaksinasi Covid-19 di dunia dengan menggunakan vaksin mRNA yang dikembangkan Pfizer dan BioNTecg.

Vaksinasi Covid-19 tersebut dimulai pada Desember lalu, dan kini hampir seluruh populasi di negara ini telah menerima dosis penuh vaksin Pfizer.

Selain itu, Israel menjadi studi kasus inokulasi massal, yakni pemberian vaksin Pfizer secara massal terhadap seluruh orang dewasa, yang menawarkan jalan keluar dari pandemi virus corona ini.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Efektif Lawan Varian Delta dan Kappa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com