Studi Ungkap Pengaruh Bulan bagi Siklus Menstruasi

Kompas.com - 14/04/2024, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi banyak kebudayaan masyarakat di berbagai belahan dunia, gagasan bahwa siklus menstruasi wanita diatur oleh Bulan mempunyai penjelasan yang kuat.

Bahkan, Charles Darwin berteori bahwa hubungan dengan Bulan ini berasal dari zaman spesies kita sebagai makhluk penghuni pantai yang hidup selaras dengan pasang surut air laut.

Namun, studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances mengungkapkan bahwa siklus menstruasi kemungkinan besar tidak mengikuti siklus 29,5 hari Bulan, namun diatur oleh jam internal tubuh.

Terlebih lagi, peneliti menemukan bahwa hubungan dengan bulan yang ada berbeda-beda di setiap benua. Misal, para ilmuwan mengamati bahwa di Eropa, siklus menstruasi cenderung dimulai pada bulan sabit, sementara bagi wanita Amerika Utara, siklus menstruasi sering kali dimulai pada bulan purnama.

Siklus menstruasi biasanya memiliki pola bulanan, namun mekanisme yang menentukan pola ini masih misterius. Untuk lebih memahami cara kerjanya, para peneliti menganalisis data dari hampir 27.000 siklus menstruasi dari lebih dari 3.000 wanita di Eropa dan Amerika Utara. Secara khusus, mereka melacak hari pertama menstruasi di setiap siklus tersebut.