Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suntikan Pertama Vaksin Pfizer di Israel 85 Persen Efektif, Studi Jelaskan

Kompas.com - 19/02/2021, 16:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com- Studi Israel terhadap vaksin Pfizer dan BioNTech menunjukkan efektivitas hingga 85 persen pada suntikan pertama.

Penelitian ini menunjukkan bahwa suntikan dosis pertama vaksin corona Pfizer, efektif 85 persen saat diberikan kepada tenaga kesehatan di rumah sakit di Israel.

Kendati demikian, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (19/2/2021), hasil studi ini berpotensi memicu perdebatan saat pemerintah setempat mencoba menambah pasokan vaksin tersebut, mengenai jadwal dua dosis seperti yang direkomendasikan.

Hasil temuan Sheba Medical Center jika dibandingkan dengan kemanjuran keseluruhan sekitar 95 persen dalam dua rejimen dosis dengan selang 21 hari untuk suntikan vaksin corona yang dikembangkan bersama BioNTech, Jerman tersebut.

Studi Sheba akan diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet ini. Penelitian tersebut dilakukan sehari setelah para peneliti Kanada menyarankan agar dosis vaksin Pfizer kedua dapat ditunda.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Covid Pfizer Efektif Lawan Mutasi Virus Corona Baru

 

Sebab, kata peneliti tersebut, suntikan pertama vaksin virus corona tersebut menunjukkan tingkat perlindungan yang tinggi dalam meningkatkan jumlah orang yang divaksinasi.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa kemanjuran vaksin Covid-19 Pfizer ini mencapai 92,6 persen setelah dosis pertama disuntikkan.

Hal itu berdasarkan analisis dokumen yang diajukan oleh pengembang obat dari uji coba tahap akhir pada manusia, kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat pada Desember 2020 lalu.

FDA mengatakan, Desember lalu, bahwa data dari uji coba tersebut menunjukkan, vaksin Pfizer mulai memberikan perlindungan kepada penerimanya sebelum mereka mendapatkan suntikan kedua.

Baca juga: Hasil Uji Coba Akhir Vaksin Pfizer, Tingkat Keberhasilan 95 Persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com