Kompas.com - 19/02/2021, 12:26 WIB
Tim SAR mengevakuasi korban banjir di perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020). Banjir akibat luapan Kali Cikeas dan Kali Cileungsi--induk Kali Bekasi--, dengan ketinggian 60 sentimeter hingga dua meter ini melanda sejumlah perumahan pada Sabtu (24/10/2020) pukul 23.00 WIB. KOMPAS/RIZA FATHONITim SAR mengevakuasi korban banjir di perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020). Banjir akibat luapan Kali Cikeas dan Kali Cileungsi--induk Kali Bekasi--, dengan ketinggian 60 sentimeter hingga dua meter ini melanda sejumlah perumahan pada Sabtu (24/10/2020) pukul 23.00 WIB.


KOMPAS.com - Banjir telah merendam sejumlah titik wilayah di Jakarta dan Jawa Barat pada Jumat (19/2/2021) pagi.

Di antaranya Jalan Bintara Raya di Kecamatan Bekasi Barat yang menghubungkan Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan wilayah Pondok Kopi, Jakarta Timur. 

Selain itu, banjir juga menggenangi jalan yang berada di depan SPBU Duta Kranji sepanjang 700 meter dengan ketinggian banjir mencapai sekitar 60 cm.

Berikutnya titik banjir juga menggenangi Jalan DI Panjaitan, Cawang, Jakarta Timur.

Berdasarkan unggahan TMC Polda Metro Jaya di Instagram, ketinggian air di jalan tersebut mencapai 50 cm.

Baca juga: Puluhan Kabupaten Berstatus Siaga hingga Waspada Banjir 2 Hari ke Depan

 

"Di depan kantor Kementerian Pertahanan setinggi lebih kurang 40 hingga 50 cm. Sementara untuk arus lalu lintas, kami melakukan contraflow, kami alihkan dulu dari depan kantor Wijaya Karya (WIKA) menuju selatan," kata seorang polisi yang bertugas, Jumat (19/2/2021).

Genangan air juga terjadi di Jalan Suprapto, Makasar, Jakarta Timur. "06.39 #Banjir 50-60 cm di Jl. Suprapto, Makasar, Jakarta Timur, sementara lalin dialihkan," tulis @tmcpoldametro. 

Sementara itu, ketinggian genangan air di Jalan Kalimalang Raya mencapai 30 cm. 

Baca juga: Daftar Wilayah Indonesia Siaga dan Waspada Banjir Bandang 2 Hari ke Depan

 

"07.20 #Banjir 30 cm sebelum Kampus Borobudur Jl. Kalimalang Raya, Jakarta Timur (arah ke DI Panjaitan), agar hati-hati bila sedang melintas," tulis @tmcpoldametro.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan ringan hingga terjadi merata di Jakarta, baik Pusat, Utara, Selatan, Barat, Timur, maupun Kepulauan Seribu sejak pagi hingga Sabtu (20/2/2021) dini hari.

Hujan intensitas ringan hingga sedang yang berpotensi terjadi hari ini dan besok tersebut juga memicu kenaikan tinggi muka air (TMA) di sejumlah pos pantau BMKG. Wilayah yang berpotensi hujan di antaranya sebagai berikut.

Baca juga: BMKG Ungkap Daftar Wilayah Waspada Banjir Akibat Cuaca Ekstrem

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.