Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banjir Jakarta dan Bekasi, Ini Daftar Wilayah Masih Berpeluang Hujan

KOMPAS.com - Banjir telah merendam sejumlah titik wilayah di Jakarta dan Jawa Barat pada Jumat (19/2/2021) pagi.

Di antaranya Jalan Bintara Raya di Kecamatan Bekasi Barat yang menghubungkan Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan wilayah Pondok Kopi, Jakarta Timur. 

Selain itu, banjir juga menggenangi jalan yang berada di depan SPBU Duta Kranji sepanjang 700 meter dengan ketinggian banjir mencapai sekitar 60 cm.

Berikutnya titik banjir juga menggenangi Jalan DI Panjaitan, Cawang, Jakarta Timur.

Berdasarkan unggahan TMC Polda Metro Jaya di Instagram, ketinggian air di jalan tersebut mencapai 50 cm.

"Di depan kantor Kementerian Pertahanan setinggi lebih kurang 40 hingga 50 cm. Sementara untuk arus lalu lintas, kami melakukan contraflow, kami alihkan dulu dari depan kantor Wijaya Karya (WIKA) menuju selatan," kata seorang polisi yang bertugas, Jumat (19/2/2021).

Genangan air juga terjadi di Jalan Suprapto, Makasar, Jakarta Timur. "06.39 #Banjir 50-60 cm di Jl. Suprapto, Makasar, Jakarta Timur, sementara lalin dialihkan," tulis @tmcpoldametro. 

Sementara itu, ketinggian genangan air di Jalan Kalimalang Raya mencapai 30 cm. 

"07.20 #Banjir 30 cm sebelum Kampus Borobudur Jl. Kalimalang Raya, Jakarta Timur (arah ke DI Panjaitan), agar hati-hati bila sedang melintas," tulis @tmcpoldametro.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan ringan hingga terjadi merata di Jakarta, baik Pusat, Utara, Selatan, Barat, Timur, maupun Kepulauan Seribu sejak pagi hingga Sabtu (20/2/2021) dini hari.

Hujan intensitas ringan hingga sedang yang berpotensi terjadi hari ini dan besok tersebut juga memicu kenaikan tinggi muka air (TMA) di sejumlah pos pantau BMKG. Wilayah yang berpotensi hujan di antaranya sebagai berikut.

1. Pos Pantau Sunter Hulu

BMKG menyebutkan, kenaikan TMA di pos pantau Sunter hulu saat ini telah berstatus siaga hingga siaga 2.

Dengan demikian, masyarakat harus mengantisipasi air yang akan sampai di Pulo Gadung, dan berpotensi genangan melintasi beberapa wilayah aliran sungai sebagai berikut.

2. Pintu air Karet

Untuk di Pintu Air Karet, status yang diberikan juga sudah masuk kategori siaga hingga siaga 2, dengan antisipasi wilayah yang terdampak banjir yakni:

  • Grogol
  • Jati Pulo
  • Kalianyar
  • Karet Tengsin
  • Kota Bambu Selatan
  • Kota Bambu Utara
  • Petamburan
  • Tomang

3. Info Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C)

Dengan status siaga dan siaga 2, masyarakat di wilayah hulu Cikeas dan hulu Cileungsi, serta pertemuan di antara kedua sungai ini juga harus meningkatkan antisipasi dan kewaspadaan terhadap potensi dampak banjir yang bisa terjadi.

Berdasarkan informasi, tinggi muka air (TMA) atau ketinggian permukaan air kali menunjukkan ketinggian bisa mencapai batas batas normal, yaitu 350 sentimeter di pertemuan Cileungsi-Cikeas, dengan keadaan mendung, gerimis, hingga hujan akan terjadi.

Diprakirakan waktu perjalanan air dari hulu ke Bojongkulur dan Jatiasih yaitu 2-3 dari Cikeas dan 3-4 Jam dari Cileungsi, sejak pukul 10.43 WIB hari ini, Jumat (19/2/2021).

Oleh karena itu, masyarakat di sejumlah titik di atas diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak hujan intensitas ringan hingga sedang dengan durasi yang lama tersebut.

Dampak hujan intensitas ringan-sedang dengan durasi lama bisa berpeluang terjadinya jalan licin, genangan, banjir, banjir bandang, angin kencang, pohon tumbang, dan tanah longsor bagi wilayah rentan.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/19/122600023/banjir-jakarta-dan-bekasi-ini-daftar-wilayah-masih-berpeluang-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke