Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Inggris pada Vaksin Pfizer, 1 Dosis Kurangi Risiko Infeksi Corona 75 Persen

Kompas.com - 23/02/2021, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com- Data hasil studi yang dilakukan para peneliti di Inggris mengungkapkan satu dosis vaksin Pfizer, dapat mengurangi risiko infeksi virus corona hingga 75 persen.

Public Health England (PHE) dalam pernyataan persnya, Senin (22/2/2021) mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 Pfizer yang dikembangkan bersama BioNTech, dalam satu dosis dapat memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap infeksi dan penyakit simptomatik.

Dikutip dari CNN, Selasa (23/2/2021), studi Sirene PHE tersebut dilakukan terhadap tenaga kesehatan berusia 65 tahun.

Dalam studi tersebut peneliti menemukan bahwa satu dosis vaksin dapat mengurangi risiko infeksi Covid-19 hingga 75 persen setelah tiga minggu vaksinasi.

Baca juga: Suntikan Pertama Vaksin Pfizer di Israel 85 Persen Efektif, Studi Jelaskan

 

Sementara, dengan dua dosis vaksin Pfizer, dapat mengurangi risiko infeksi virus corona hingga 85 persen.

Oleh sebab itu, perlindungan tingkat tinggi ini akan diperluas ke varian baru virus corona B.1.1.7 yang kali pertama terdeteksi di Inggris pada Desember 2020 lalu.

Direktur respons strategis di PHE, Dr. Susan Hopkins mengatakan bahwa tenaga kesehatan telah diuji untuk melihat apakah terinfeksi Covid-19 setelah menerima vaksin virus corona Pfizer setiap dua minggu menggunakan tes PCR dan dua kali seminggu dengan tes aliran lateral.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Covid Pfizer Efektif Lawan Mutasi Virus Corona Baru

 

"Yang berarti, ada banyak pengujian tanpa gejala. Secara keseluruhan kami melihat efek yang sangat kuat untuk mengurangi infeksi apapun, baik tanpa gejala maupun bergejala," kata Hopkins.

Studi yang dilakukan PHE juga menganalisis data pengujian rutin berdasarkan gejala penyakit pada lebih dari 12.000 orang, yang menunjukkan efektivitas vaksin Pfizer-BioNTech setelah mendapatkan satu dosis vaksin corona tersebut.

Hasil analisis studi Inggris ini menunjukkan dosis pertama vaksin dalam empat minggu, 57 persen efektif melawan gejala Covid-19 pada mereka yang berusia di atas 80 tahun. Ini meningkat menjadi 88 persen, setelah satu minggu kemudian menerima dosis kedua vaksin Pfizer.

Baca juga: Pertama di Dunia, Inggris Setuju Pakai Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com