Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Sinovac dan Pfizer Cegah Kematian Covid-19 di Uruguay hingga 95 Persen

Kompas.com - 09/06/2021, 13:40 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com- Dampak vaksin Sinovac dan Pfizer dapat mencegah kematian Covid-19 di Uruguay sangat tinggi. Efikasi vaksin China, Sinovac, dalam mengurangi kematian mencapai 95 persen.

Laporan itu disampaikan pemerintah Uruguay, seperti diberitakan Reuters, Rabu (9/6/2021).

Vaksin Covid-19 Sinovac Biotech (SVA.O) menunjukkan di antara populasi, efektif 92 persen dalam mencegah perawatan intensif dan 95 persen efektif mengurangi potensi kematian akibat Covid-19.

Vaksin Covid-19 berbasis inactivated virus ini, juga 61 persen efektif dalam mengurangi infeksi virus corona di antara populasi yang telah menerima suntikan vaksin tersebut.

Baca juga: Hasil Uji Vaksin Covid-19 Sinovac di Dunia Nyata, 80 Persen Efektif Cegah Kematian

 

Efektivitas vaksin Covid-19 tersebut tampak di antara 795.684 orang di Uruguay, yang setidaknya telah menerima dosis kedua CoronaVac, vaksin Sinovac dengan jeda 14 hari, dibandingkan mereka yang tidak atau belum divaksinasi.

Populasi tersebut di antaranya terdiri dari tenaga kesehatan dan masyarakat umum berusia 18-69 tahun, kata pemerintah dalam sebuah laporan.

Pemerintah Uruguay juga mempelajari efektivitas vaksin Pfizer dan BioNTech (PFE.N) pada 162.047 tenaga kesehatan dan berusia dinatas 80 tahun.

Hasilnya menunjukkan efikasi yang sama tingginya dengan vaksin Sinovac. Suntikan vaksin mRNA buatan Pfizer dan BioNTech efektif 94 persen mencegah kematian dan perawatan intensif.

Baca juga: Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 Persen, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com