Kompas.com - 18/04/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi vaksin Sinovac, CoronaVac. SHUTTERSTOCK/Shan_shanIlustrasi vaksin Sinovac, CoronaVac.

KOMPAS.com - Data dari studi besar di Chili menunjukkan, vaksin Covid-19 Sinovac efektif 67 persen dalam mencegah infeksi simptomatik atau kasus bergejala.

Selain itu, vaksin CoronaVac buatan Sinovac juga 85 persen efektif mencegah gejala berat yang membutuhkan rawat inap dan 80 persen efektif mencegah kematian.

Data terbaru ini diharapkan dapat menjadi "game changer" dari vaksin Covid-19 secara luas.

Chili telah membeli 60 juta dosis vaksin Sinovac untuk kebutuhan selama tiga tahun.

Baca juga: Sinovac Sebut Vaksin Covid-19 Miliknya Aman untuk Anak Berusia 3 Tahun

Menurut Rodrigo Yanez, wakil menteri perdagangan Chili yang membuat kesepakatan dengan Sinovac untuk menjadi tuan rumah uji klinis, dirinya telah membuat "taruhan yang tepat" mengingat hasil studi yang ditemukan ini.

"Ini adalah game changer untuk vaksin dan saya pikir itu cukup untuk meratifikasi grafis kemanjurannya," kata Yanez seperti dilansir Reuters, Sabtu (17/4/2021).

Dia pun menambahkan, hasil riset terbaru ini akan membantu persetujuan Organisasi Kesehatan Dunia sebagai studi dunia nyata pertama.

Stok CoronaVac Chili menipis, dengan total pasokan yang disepakati sebesar 14,2 juta akan dikirimkan sepenuhnya pada akhir Mei.

Yanez mengatakan dia sedang merundingkan tambahan 4 juta dosis vaksin dan untuk saat ini, Chili akan beralih menggunakan lebih banyak vaksin Pfizer-BioNTech.

Studi keefektifan vaksin di dunia nyata

Rilis data CoronaVac menjadikan Chili salah satu dari sedikit negara, termasuk Inggris dan Israel, yang telah menggunakan kampanye inokulasi cepat untuk mengumpulkan wawasan tentang seberapa efektif vaksin, di luar uji klinis terkontrol dan ketika dihadapkan pada variabel yang tidak dapat diprediksi di masyarakat.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X