Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Virus Corona B.1.1.7 Masuk Indonesia, Vaksin Masih Efektif

Kompas.com - 08/03/2021, 13:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, mutasi virus corona B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia. Pemerintah menemukan dua kasus B.1.1.7 pada Senin (1/2/2021) malam.

"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante dalam acara "Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi", Selasa (2/3/2021).

Dante menuturkan, pemerintah telah memeriksa 462 kasus dalam beberapa bulan terakhir. Hasilnya, ditemukan dua kasus mutasi virus corona tersebut.

Lantas, masih efektifkah vaksin Covid-19 yang ada saat ini mengatasi varian baru B.1.1.7?

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Terus Bermunculan, Begini Cara Menghindarinya

Para ahli mengingatkan bahwa vaksinasi Covid-19 yang ada di Indonesia saat ini masih efektif terhadap varian baru virus corona B.1.1.7.

Dokter spesialis paru di Primaya Hospital Makassar, DR dr M Harun Iskandar, SpPD, SpP(K) menyarankan agar masyarakat tetap mengikuti vaksinasi.

Sebab, secara teori, varian B.1.1.7 hanya berubah sebagian dari Covid-19 yang belum bermutasi.

Sehingga, antibodi yang muncul setelah vaksinasi dianggap masih bisa mencegah paparan Covid-19 varian B.1.1.7.

Disebutkan pula bahwa beberapa penelitian menunjukkan, perubahan struktur virus Covid-19 varian baru B.1.1.7 tidak terlalu signifikan dari Covid-19 yang belum bermutasi, sehingga program Covid-19 masih ampuh dalam menghalang penyebaran virus.

Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 Penguru Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD-KAI FINASIM dalam kesempatan berbeda juga menanggapi persoalan vaksinasi Covid-19 dan varian baru B.1.1.7.

Menurut Prof Iris, varian baru B.1.1.7 diketahui lebih cepat menular dan lebih ganas. Saat kekebalan tubuh menurun dan kita terinfeksi Covid-19 varian B.1.1.7, itu akan cepat sekali tertular.

Namun, vaksin yang saat ini ada di Indonesia masih efektif.

"Artinya, masih bisa memakai vaksin yang sekarang," kata Prof Iris dalam diskusi daring bertajuk "Health Talk Entrasol: Kupas Tuntas Nutrisi dan Vaksin Covid-19 untuk Lansia", Minggu (7/3/2021).

Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia  GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia

Adapun sebenarnya mutasi virus RNA seperti SARS-CoV-2 adalah suatu hal yang wajar saja terjadi.

Mutasi dilakukan virus untuk dapat bertahan hidup dengan sel inang barunya (reseptor) di tubuh manusia.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com