Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2021, 08:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Tak hanya vaksin yang diperlukan untuk mengatasi pandemi virus corona. Obat Covid-19 juga mulai memasuki uji coba dan data awal menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Pengembangan obat untuk terapi bagi pasien Covid-19 juga mulai dilakukan sejumlah perusahaan farmasi. Salah satunya raksasa farmasi Jerman, Merck, dan mitranya dari Amerika Serikat.

Seperti dilansir Medical Xpress, Senin (8/3/2021), perusahaan farmasi ini melaporkan hasil yang menjanjikan terkait uji coba obat yang diberikan secara oral untuk melawan Covid-19 yang diumumkan pada Sabtu (6/3/2021).

Para peneliti di perusahaan farmasi ini mengatakan bahwa obat Covid-19 oral tersebut dapat membantu mengurangi viral load atau jumlah virus corona pada pasien yang terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Kabar Baik, Obat Covid-19 Kalbe Farma Masuki Uji Klinik Fase 2

 

"Pada saat ada kebutuhan yang tidak terpenuhi untuk perawatan antivirus terhadap SARS-CoV-2, kami didorong oleh data awal ini," kata Wendy Painter, kepala petugas medis dari perusahaan AS, Ridgeback Biotherapeutics.

Pada Januari lalu, Merck menghentikan pekerjaan mereka pada dua kandidat vaksin Covid-19.

Akan tetapi, masih meneruskan penelitian terhadap dua produk untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus corona tersebut.

Termasuk di antaranya, produk obat berbasis pil yang disebut molnupiravir, yang telah dikembangkan bersama Ridgeback Biotherapeutics.

Obat Covid-19 tersebut menyebabkan penurunan yang signifikan pada viral load virus corona yang menginfeksi pasien setelah lima hari pengobatan dengan obat ini dilakukan. Hal itu disampaikan pihak Merck dalam suatu pertemuan dengan para ahli penyakit menular.

Baca juga: WHO Tangguhkan Semua Percobaan Hidroksiklorokuin untuk Obat Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com