Kompas.com - 05/03/2021, 17:30 WIB
Alissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik.(the new york times) JNG DIPAKEAlissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik.(the new york times)

KOMPAS.com - Varian baru virus corona Covid-19 dari Rusia yang bernama B.1.1.317 baru saja terdeteksi di Australia.

Per hari ini, varian baru ini telah dikonfirmasikan menginfeksi lima orang di negara bagian Queensland. Kelima orang tersebut di kota Brisbane menggunakan pesawat Qatar Airways pada bulan lalu.

Sementara itu, ada satu penumpang lagi yang positif terinfeksi Covid-19. Namun penumpang tersebut berada si Selandia Baru, dan belum ketahui apakah virus yang menginfeksi juga varian B.1.1.317.

Melansir dari ABC, Kamis (4/3/2021); varian B.1.1.317 pertama kali terdeteksi di Rusia.

Baca juga: 4 Varian Baru Virus Corona yang Mengkhawatirkan, Salah Satunya B.1.1.7

Meski demikian, Dr Kirsty Short yang merupakan pakar virologi di University of Queensland berkata bahwa varian ini mungkin tidak muncul untuk kali pertama di Rusia.

Setelah terdeteksi di Rusia, virus ini diketahui telah menyebar Inggris Raya, Thailand dan Swiss sejak awal Desember 2020.

Seberapa menular?

Sebagai varian baru, masih banyak yang belum diketahui oleh para ahli. Termasuk kemampuannya menular.

Namun, Peter Collignon, Profesor Penyakit Menular di ANU Medical School, menyampaikan bahwa dia tidak akan kaget bila ada varian virus corona tertentu yang lebih menular dari varian lainnya.

Dia memberi contoh, yakni varian Inggris B.1.1.7.

"Butuh waktu beberapa bulan untuk menjadi yakin bahwa varian Inggris lebih menular. Tapi apakah itu disebabkan oleh variannya sendiri, atau karena ada lebih banyak orang muda yang menularkannya?," ujarnya.

Baca juga: Antisipasi Varian Baru Virus Corona, Pemerintah Bentuk Tim Genomik Surveilans

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X