Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Virus Corona Brasil Disebut Ilmuwan Lebih Mudah Menular

Kompas.com - 03/03/2021, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber BBC


KOMPAS.com- Varian virus corona penyebab Covid-19 yang muncul di Brasil, disebut oleh para ilmuwan, lebih mudah menyebar dan menular. Varian baru virus corona tersebut juga telah ditemukan di Inggris.

Varian baru virus corona Brasil yang sekarang ditemukan di Inggris tampaknya lebih menular dan dapat menghindari kekebalan yang diperoleh dari infeksi sebelumnya, seperti dilansir dari BBC, Rabu (3/3/2021),

Mutasi varian baru virus corona di Brasil yang disebut P.1 ini telah menjadi mimpi buruk bagi Manaus, kota di Amazon yang terpukul keras akibat varian virus tersebut.

Secara garis besar, sebuah studi mengungkapkan bahwa kemunculan varian virus corona P.1 ini menunjukkan bahwa virus itu dapat dua kali lebih menular daripada Covid sebelumnya.

Dengan penanganan sebelumnya, kemungkinan risiko infeksi ulang dapat terjadi dengan persentase antara 25 persen hingga 60 persen.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Terus Bermunculan, Ini 4 Mutasi Virus yang Diketahui

 

Kendati demikian, para ilmuwan mengatakan kondisi ini tidak boleh dimanfaatkan untuk memprediksi apa yang akan mungkin terjadi di Inggris.

Sebab, menurut salah satu peneliti utama, memang tidak mungkin mutasi varian virus corona P.1 dari Brasil tersebut akan segera lepas landas di Inggris, saat hanya ada enam kasus yang telah diidentifikasi dan saat ini sedang dipantau secara ketat.

"Anda memerlukan banyak pengenalan (virus) untuk memulai epidemi. Enam (kasus) sangat sedikit. Saya akan mengatakan jika Anda berhati-hati dan melakukan pelacakan kontak, ini akan berkurang," kata pakar penyakit menular, Prof Ester Sabino, dari Universitas São Paulo, Brasil.

Profesor Sharon Peacock, direktur pusat pengujian genetik virus corona di Inggris mengatakan, "Kami mengambil tindakan yang tepat. Ini (varian virus corona P.1) adalah temuan yang sangat menarik dan penting bagi Brasil, tetapi bagaimana kaitannya dengan Inggris belum diketahui," kata dia.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Brasil Ditemukan di Kota Amazon

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com