Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Runtuh Ditabrak Kapal Kontainer, Begini Sejarah Jembatan Francis Scott Key di Baltimore

Kompas.com - 27/03/2024, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, runtuh pada Senin (26/3/2024) sekitar pukul 01.30 dini hari waktu setempat.

Kejadiaan naas itu terjadi setelah salah satu dermaga jembatan ditabrak oleh kapal kontainer yang disewa oleh perusahaan pelayaran Denmark, Maersk.

Tak hanya runtuh, tabrakan tersebut juga menyebabkan putusnya bentang jembatan. Hingga saat ini masih belum jelas apakah ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Jembatan Francis Scott Key di Baltimore sendiri merupakan jembatan dengan panjang 2,63 km dan memiliki bentang 366 meter.

Baca juga: Diisukan Rusak Akibat Gempa Tuban, Jembatan Suramadu Dipastikan Aman

Jembatan ini membentang di atas Sungai Patapsco, dan menghubungkan Pelabuhan Inner Baltimore ke Teluk Chesapeake.

Dikutip dari laman The Washington Post, jembatan ini berfungsi sebagai bagian penting dari Interstate 695, yang merupakan jalur lalu lintas utara-selatan di sekitar kota Baltimore.

Terdapat empat jalur lalu lintas pada bentang jembatan, ada dua jalur di setiap arah dan dipisahkan oleh pembatas beton.

Sementara menurut Otoritas Transportasi Maryland (MDTA), jembatan tersebut merupakan alat penyeberangan untuk lalu lintas lokal dan antar negara bagian.

Nama Francis Scott Key sendiri diambil dari nama pencipta lagu kebangsaan Amerika Serikat “The Star-Spangled Banner”.

Ini merupakan salah satu dari dua jembatan di wilayah metro DC. Jembatan Francis Scott Key lainnya melintasi Sungai Potomac dan menghubungkan Georgetown di Washington ke Rosslyn di Arlington.

Baca juga: Jokowi Resmikan Duplikasi Jembatan Kapuas I yang Habiskan Rp 275 Miliar

Jembatan Francis Scott Key di Baltimore mulai dibangun pada tahun 1972 dan dibuka pada tanggal 23 Maret 1977.

Pembangunan jembatan dilakukan setelah Terowongan Pelabuhan Baltimore mencapai kapasitas lalu lintasnya. Untuk mengerjakan struktur ini, biaya yang dihabiskan lebih dari 60 juta Dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com