Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diisukan Rusak Akibat Gempa Tuban, Jembatan Suramadu Dipastikan Aman

Kompas.com - 23/03/2024, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali angkat bicara mengenai kondisi Jembatan Suramadu di Provinsi Jawa Timur pasca gempa bumi di wilayah Tuban pada Jumat (22/03/2024).

Sebab, beredar video di media sosial yang memperlihatkan bahwa aspal Jembatan Suramadu mengalami kerusakan akibat diguncang gempa.

Adapun penjelasan BBPJN Jawa Timur-Bali tersaji di dalam unggahan akun Instagram resminya @pupr_jalan_jatimbali pada Sabtu (23/03/2024).

Kepala Satker Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu, Andi Nugroho Jati mengatakan, usai terjadi gempa Tuban, beredar video di media sosial tentang jembatan berguncang dengan keras dan disebut ada kerusakan memanjang di aspal.

"Kami telah melaksanakan survei di lapangan, 24 jam kami amati jembatan, dan tidak ditemukan kerusakan baik di struktur jembatan, di pylon, di cable stayed nya, maupun di aspalnya. Jadi kami pastikan jembatan bisa dilalui dengan nyaman dan aman," jelasnya.

Baca juga: Waskita Beton Suplai Readymix Rekonstruksi Jembatan Palu IV, Nilainya Rp 11,9 Miliar

Sebagaimana diketahui, telah terjadi gempa bumi di wilayah Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (22/03/2024).

Berdasarkan laporan BMKG, guncangan gempa yang paling kuat terjadi pada pukul 11.22 WIB dengan kekuatan magnitudo M 6,0 (parameter update M 5,9), dan pukul 15.52 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,5.

Gempa pertama berjarak 37 kilometer arah Barat Pulau Bawean dengan kedalaman 10 kilometer. Sedangkan gempa besar M 6,5 berada 35 kilometer dengan kedalaman 12 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com