Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Rp 97 Miliar Disiapkan untuk Jalan dan Jembatan di Pansela Jatim

Kompas.com - 15/04/2024, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan Rp 97 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan di jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Timur.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun jalan dan jembatan sepanjang total 3,4 kilometer, salah satunya jalan dan jembatan Bululawang-Sidomulyo-Tambakrejo.

Adapun jalur Pansela Jawa Timur membentang dari Ruas Panggul-Sendangbiru–Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 628,39 kilometer.

Selain itu, pada tahun 2024 ini, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali juga akan melanjutkan penanganan jalan dan jembatan sepanjang 202 kilometer, meliputi Jalan Pansela Kabupaten Lumajang, Jember, dan Banyuwangi.

Di sisi lain, jalur Pansela diharapkan dapat meningkatkan layanan transportasi jalan di Pulau Jawa bagian selatan.

Jalur alternatif ini juga diharapkan bisa mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas pada saat libur Lebaran 2024.

Baca juga: Mau Mudik via Jalur Pansela Jatim? Cek di Sini Rutenya

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, selain untuk mengurangi beban lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran di Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Pantai Utara (Pantura), peningkatan kondisi jalan Pansela juga mendukung potensi pariwisata di sepanjang jalur ini guna mendorong perekonomian daerah setempat.

"Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah dan terdapat banyak obyek wisata," kata Endra, dikutip dari keterangan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com