Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin Besok Puncak Arus Balik, 24.611 Kendaraan Lintasi Tol MKTT

Kompas.com - 14/04/2024, 19:38 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) selaku pengelola memprediksi puncak arus balik di ruas jalan Tol Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) akan terjadi pada hari Senin (15/04/2024).

Jumlah volume lalu lintas (lalin) yang akan melewati jalan tol ini diperkirakan mencapai 24.611 kendaraan atau meningkat 71,82 persen dari volume lalin normal.

Adapun transaksi tertinggi diperkirakan akan terjadi di Gerbang Tol (GT) Kualanamu sebanyak 6.967 kendaraan.

Baca juga: Ini Daftar Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Rest Area Jalan Tol

Untuk menyambut arus balik Lebaran tahun ini, PT JMKT bersama dengan PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku service provider pengelola rest area, memastikan kesiapan operasional rest area tol MKTT yakni di KM 65 B arah Medan dan di KM 65 A arah Tebing Tinggi.

Untuk memberikan pelayanan keamanan dan kesehatan pengguna rest area, pengelola mendirikan posko kesehatan dan posko keamanan yang bekerjasama dengan instansi setempat.

Selain itu pengelola juga menyiagakan layanan bengkel darurat dan menambah 19 toilet fungsional serta menyiagakan pelayanan selama 24 jam.

Baca juga: Arus Balik, Jasa Marga Siagakan Tim Layanan Preservasi Jalan Tol

Selain menyiagakan pelayanan rest area, JMKT juga memastikan kesiapan operasional, untuk layanan transaksi dengan mengoptimalkan gardu operasi.

Sementara untuk kesiapan layanan lalu lintas dilakukan dengan menyiagakan 1 armada rescue, 2 armada ambulans, 5 armada derek, 3 armada Patroli Jalan Raya (PJR), 5 armada mobile customer services (MCS), 184 unit Closed Circuit Television (CCTV), 14 unit smart CCTV dan 11 unit Dynamic Message Sign (DMS).

Pengguna jalan tol diimbau untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik, memastikan kelayakan kendaraan dan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum memasuki jalan tol. Jika lelah berkendara, segera beristirahat di TIP terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com