Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H+2 Lebaran, Volume Kendaraan Lintasi Tol Astra Infra Sedikit Menurun

Kompas.com - 13/04/2024, 20:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com Astra Infra mencatat sebanyak 324.516 kendaraan melintasi ruas Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto pada H+2 Lebaran (12 April 2024).

Namun secara keseluruhan, 3,6 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas jalan tol tersebut sejak H-10 Lebaran (31 Maret 2024) sampai dengan H+2 Lebaran (12 April 2024).

Dikutip dari keterangan tertulis Astra Infra pada Sabtu (13/04/2034), khusus H+2 Lebaran, secara umum volume lalu lintas arus balik di ruas tol Astra Infra terpantau ramai lancar. Namun, terdapat peningkatan kondisi lalin terkait arus silaturahmi dan wisata.

Di Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak terpantau sekitar 120.000 kendaraan melintas, atau turun sekitar 5 persen dari hari sebelumnya.

Lalin masih dipengaruhi arus silaturahmi dan wisata, dilihat dari adanya peningkatan lalin pada gerbang tol yang mengarah ke tujuan wisata seperti Cilegon Timur dan Serang Timur, dengan kondisi lalu lintas secara umum lancar.

Baca juga: Balik Lebaran, Astra Diskon Tarif 20 Persen Tol Tamer, Cipali, dan Jombang

Astra Infra Toll Road Tangerang Merak terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk melakukan rekayasa lalu lintas menuju lokasi-lokasi wisata yang diprediksi berpotensi mengalami lonjakan pengunjung. Hal itu dilakukan dengan pengalihan lalu lintas menuju Anyer yang melalui exit Cilegon Timur.

Lalu di Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan, tercatat sekitar 122.000 kendaraan melintas pada H+2 Lebaran menurun sekitar 6,1 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Selanjutnya di Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, volume lalu lintas terpantau sejumlah 81.000 kendaraan melintas pada 12 April 2024, menurun sekitar 6 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Menyambut kembalinya masyarakat selepas mudik lebaran, Astra Infra telah mempersiapkan kesiapan infrastruktur jalan, penyiagaan lebih dari 1.300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas.

Astra Infra juga mengimbau para pengguna jalan tol untuk dapat menghindari puncak arus balik. Berdasarkan informasi dari Korlantas Polri, puncak arus balik akan jatuh pada 14-15 April.

Selain itu, Astra Infra juga menyiapkan diskon tarif tol sebesar 20 persen pada 17 April pukul 05.00 WIB sampai dengan 19 April pukul 05.00 WIB di tiga ruas tol Astra Infra, yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com