Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner di Sekitar Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 13/04/2024, 18:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Untuk memperlancar arus mudik dan akses wisata di Pulau Sumatera, PT Hutama Karya (Persero) telah mengoperasikan lebih dari 600 Km jalan tol untuk mempersingkat waktu tempuh dan menghubungkan antar wilayah di setiap provinsinya.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan, kuliner dan wisata setiap daerah di Pulau Sumatera sangat beragam dan memiliki keunikan masing-masing yang wajib disinggahi.

"Belum afdol jika libur lebaran tanpa mencoba kenikmatan kuliner atau berkunjung ke wisata khas daerah yang dilintasi, apalagi momennya mungkin hanya terjadi setahun sekali," ujarnya dalam rilis pers, Sabtu (14/04/2024).


Di Provinsi Sumatera Selatan

Bagi pemudik yang sedang berada di Lampung, mengajak keluarga berlibur serta menginap satu hari di Palembang dapat menjadi opsi yang bagus.

Pemudik dapat melintasi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) dari arah Lampung ke Palembang untuk mempersingkat waktu, yakni melalui Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung, dan Tol Kayuagung-Kramasan, dengan tarif sebesar Rp 410.000.

Adapun sejumlah wisata kuliner dapat menjadi pilihan menarik saat liburan di Palembang, salah satu yang perlu dicicipi adalah Pempek Sentosa.

Baca juga: Ruas Tol Trans-Sumatera Dilengkapi 3.704 PJU Lampu Pintar

Berlokasi di Jl Ahmad Yani No.14, restoran ini menyajikan sebanyak 9 jenis pempek dan beragam hidangan Palembang lengkap dengan harga pempek yang ramah di kantong bekisar Rp 4.000 hingga Rp 17.000 per pcs.

Restoran ini juga berjarak 10 menit dari Gerbang Tol (GT) Palembang, Tol Palembang-Indralaya.

Sehingga bagi pemudik di Indralaya yang ingin kulineran di Palembang, dapat mampir ke restoran ini dengan melintasi Tol Palembang-Indralaya seharga Rp 27.000.

Masih di Provinsi Sumatera Selatan, jika pengguna jalan tol mencari tempat makan khas yang instagramable, dapat mengunjungi Pindang Mbok Yah yang berlokasi di Jl. Sekanak No. 22 yang juga berjarak sekitar 10 menit dari GT Palembang.

Selain Pindang Iwak Patin dan Pindang Tulang-nya yang menggugah selera, restoran ini juga memiliki konsep rumah makan terapung berupa perahu Kajang atau salah satu jenis perahu dengan atap seng diatasnya yang di cat warna warni sehingga menambah nilai estetika dari tempat makan ini.

Selain kuliner, pemudik dapat menghabiskan waktu seharian dengan mengunjungi Jembatan Ampera, mencoba LRT Palembang, hingga sholat di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang.

Di Provinsi Riau

Sedikit beranjak ke Provinsi Riau, bagi pemudik yang berada di Pekanbaru, dapat mengajak keluarga mengunjungi Kota Dumai melalui Tol Pekanbaru-Dumai.

Di Dumai, pemudik dan keluarga dapat mencoba suasana makan di pinggir pantai sambil menikmati makanan laut di Resto Kampung Nelayan yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta, sekitar 40 menit dari GT Dumai dengan merogoh kocek saldo Kartu UE untuk tarif tol sebesar Rp 171.500.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com