Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Ini Titik Rawan Bencana dan Macet di Jalur Pansela Jateng-DIY

Kompas.com - 03/04/2024, 20:24 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pengendara yang akan melintasi Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) perlu mengetahui sejumlah titik rawan bencana dan macet pada momen mudik Lebaran 2024.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY, Rien Marlia mengatakan, titik rawan bencana seperti longsor ada di ruas Giriwoyo-Glonggong turut wilayah Wonogiri, dan juga ruas Ayah-Bodo-Jladri turut wilayah Kebumen.

"(tapi) Itu sudah mendapatkan penanganan berupa penguatan tebing, sehingga tahun ini diharapkan sudah lebih aman," ujar Rien kepada Kompas.com pada Rabu (03/04/2024).

Sedangkan untuk titik rawan kemacetan di Jalur Pansela, terdapat khususnya di perbatasan Gunungkidul, yakni Kecamatan Patuk.

Sebab, topografi jalurnya memang berupa tanjakan dan tikungan. Selain itu merupakan akses menuju kawasan wisata.

Baca juga: Beres Dipersolek via IJD, Jalur Pansela Cilacap-Kebumen Kian Nyaman Dilintasi

 

Sehingga pada musim liburan memang selalu terjadi kemacetan. Hal itu mengingat antusias masyarakat dan pemudik yang mungkin ingin berwisata di sejumlah pantai di Gunungkidul.

"Para pemudik kami imbau untuk bisa mengikuti rambu-rambu, arahan dari petugas kepolisian, dan tetap tertib selama berkendara," pungkas Rien.

Sebagai informasi, total panjang Jalur Pansela Jateng-DIY ialah 331,75 kilometer. Rinciannya, Jalur Pansela di Jateng sepanjang 213,36 kilometer, dan Jalur Pansela di DIY sepanjang 118,39 kilometer.

Berdasarjan survesi kondisi jalan semester dua tahun 2023, tingkat kemantapan jalan di Jalur Pansela Jateng-DIY yaitu 96,08 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com