Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kondisi Jalur Pansela Jateng dan DIY Jelang Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 03/04/2024, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa menjadi alternatif jalur mudik Lebaran 2024.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY, Rien Marlia menyampaikan, total panjang Jalur Pansela Jateng-DIY ialah 331,75 kilometer.

Rinciannya, Jalur Pansela di Jateng sepanjang 213,36 kilometer, dan Jalur Pansela di DIY sepanjang 118,39 kilometer.

Di Jateng, membentang mulai dari perbatasan Jawa Barat (Jabar) yakni Pangandaran, dengan Jateng yaitu Cilacap, Kebumen, Purworejo.

Sementara di DIY, mulai dari Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul. Kemudian terkoneksi dengan Wonogiri, Jateng, yang berbatasan dengan Pacitan, Jawa Timur (Jatim)

"Jalur Pantai Selatan ini bisa dijadikan alternatif untuk jalur mudik Lebaran. Dari survesi kondisi jalan semester dua tahun 2023, tingkat kemantapan Jalan Pansela yaitu 96,08 persen," ujar Rien kepada Kompas.com pada Rabu (03/04/2024).

Baca juga: Proyek Jembatan Pandansimo, Calon Penghubung Jalur Pansela Bantul-Kulonprogo

Dia menjelaskan, dari tahun ke tahun Jalur Pansela Jateng dan DIY selalu mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satunya tentang ketersedian fasilitas pengisian bahan bakar.

"Sudah banyak area-area pengisian bahan bakar, sehingga pemudik gak perlu khawatir untuk mengisi bahan bakar selama melintasi Jalur Pansela," imbuhnya.

Rest Area Girisubo Swanayasa di Jalur Pansela Jawa turut Kabupaten Gunungkidul.Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Rest Area Girisubo Swanayasa di Jalur Pansela Jawa turut Kabupaten Gunungkidul.
Selain itu, telah tersedia beberapa rest area, salah satunya Rest Area Girisubo di Gunungkidul yang dibangun pada tahun 2022.

"Sudah lengkap (fasilitasnya), para pemudik bisa beristirahat, berkuliner, karena memang banyak tenant-tenant makanan di sana, dan bisa beribadah di musala Rest Area Girisubo," terang.

Tak hanya itu, para pemudik juga bisa beristirahat sekaligus berwisata di Edupark Jembatan Kretek 2 menikmati pemandangan Sungai Progo.

Jembatan Kretek 2 di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Jembatan Kretek 2 di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Lanjut Rien, di ruas-ruas jalan baru yang telah dibangun BBPJN Jateng-DIY juga telah dilengkapi penerangan jalan, sehingga perjalanan malam hari tetap dapat dilakukan oleh pemudik.

"Namun kami sarankan untuk para pemudik dapat melintas sebelum malam, karena daya tarik Jalur Pansela ini justru akan terlihat lebih indah dan bisa dirasakan lebih bermakna di pagi atau siang hari," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com