Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Kondisi Jalur Pansela Jateng dan DIY Jelang Mudik Lebaran 2024

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY, Rien Marlia menyampaikan, total panjang Jalur Pansela Jateng-DIY ialah 331,75 kilometer.

Rinciannya, Jalur Pansela di Jateng sepanjang 213,36 kilometer, dan Jalur Pansela di DIY sepanjang 118,39 kilometer.

Sementara di DIY, mulai dari Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul. Kemudian terkoneksi dengan Wonogiri, Jateng, yang berbatasan dengan Pacitan, Jawa Timur (Jatim)

"Jalur Pantai Selatan ini bisa dijadikan alternatif untuk jalur mudik Lebaran. Dari survesi kondisi jalan semester dua tahun 2023, tingkat kemantapan Jalan Pansela yaitu 96,08 persen," ujar Rien kepada Kompas.com pada Rabu (03/04/2024).

Dia menjelaskan, dari tahun ke tahun Jalur Pansela Jateng dan DIY selalu mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satunya tentang ketersedian fasilitas pengisian bahan bakar.

"Sudah banyak area-area pengisian bahan bakar, sehingga pemudik gak perlu khawatir untuk mengisi bahan bakar selama melintasi Jalur Pansela," imbuhnya.

"Sudah lengkap (fasilitasnya), para pemudik bisa beristirahat, berkuliner, karena memang banyak tenant-tenant makanan di sana, dan bisa beribadah di musala Rest Area Girisubo," terang.

Tak hanya itu, para pemudik juga bisa beristirahat sekaligus berwisata di Edupark Jembatan Kretek 2 menikmati pemandangan Sungai Progo.

"Namun kami sarankan untuk para pemudik dapat melintas sebelum malam, karena daya tarik Jalur Pansela ini justru akan terlihat lebih indah dan bisa dirasakan lebih bermakna di pagi atau siang hari," tutupnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2024/04/03/193000121/ini-kondisi-jalur-pansela-jateng-dan-diy-jelang-mudik-lebaran-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke