Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Desember, Proyek Pengaman Pantai di Teluk Jakarta Kelar Dibangun

Kompas.com - 16/05/2024, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) tengah menggarap pembangunan Pengaman Pantai di Pesisir Teluk Jakarta Tahap 6 Paket 4 di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara serta Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang senilai Rp 297 miliar.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, proyek ini dibangun sebagai upaya dalam melindungi wilayah sekitar dari ancaman banjir rob.

Ini utamanya di area pemukiman warga ketika air laut sedang pasang karena terjadi penurunan permukaan tanah dan kenaikan muka air laut.

Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dikerjakan untuk perkuatan serta peninggian tanggul laut, tanggul muara sungai maupun penataan kawasan pesisir pantai utara Jakarta dan sekitarnya, dengan progres saat ini mencapai 53,14 persen,” kata Adjib dalam keterangannya, Rabu (15/5/2024).

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Material Tol Padang-Sicincin, HK Gandeng Korem 032/Wirabraja

Dia menambahkan, proyek yang telah dimulai sejak Desember 2022 lalu, digarap melalui kerja sama operasi (KSO) dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (KSO Wika-Hutama Karya) dan ditargetkan selesai pada akhir Desember 2024.

Memiliki total panjang 1.485 meter, proyek terbagi ke dalam zona A, B dan C. Adapun jenis pekerjaan yang telah selesai digarap bersama KSO Wika-Hutama Karya yakni di zona A.

Ini meliputi pemancangan tiang beton tipe D800, pekerjaan cerucuk dan matras bambu, serta pemancangan tiang kotak berukuran 25 x 25 cm sebagai pondasi untuk dermaga akses nelayan.

Sementara pekerjaan yang tersisa saat ini adalah pekerjaan timbunan sirtu di zona A, pemancangan CCSP atau tanggul turap beton pipih tipe W400 di zona B serta pekerjaan timbunan sirtu dan pemancangan CCSP tipe W450 di zona C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com