Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Tambah Rest Area di Jalan Tol Arah Cipali maupun Merak

Kompas.com - 07/05/2024, 12:28 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah berencana menambah jumlah rest area di jalan tol yang mengarah ke Jalan Tol Cipali maupun Merak.

Pasalnya, masih kurangnya jumlah rest area menjadi salah satu catatan yang dievaluasi pemerintah berdasarkan hasil survei arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada para menteri dan lembaga terkait untuk memperbanyak jumlah rest area dan meningkatkan fasilitas di masing-masing rest area yang sudah ada.

"Kemudian akan segera di bangun rest area sekaligus buffer zone itu di kilometer 97 dari arah Jakarta ke Merak," ujarnya dalam keterangan pers usai menghadiri Rapat Terbatas (Ratas) Evaluasi Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2024, di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (06/05/2024).

Baca juga: 72.277 Kendaraan Mampir di Rest Area Heritage Tol Pejagan-Pemalang

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menambahkan, berdasarkan hasil evaluasi, pemerintah akan mengupayakan penambahan rest area, baik di Cipali maupun ke arah Merak.

Sebab, fungsi rest area adalah untuk tempat istirahat, tapi fungsi yang lain sebagai tempat men-delay volume kendaraan yang menuju ke suatu tempat.

"Oleh karenanya, tadi saya diinstruksikan untuk bekerjasama dengan Menteri PU untuk membebaskan tanah-tanah sebagai rest area, yang mungkin tidak langsung ke rest area," jelasnya.

Menurut Budi, pemerintah mengupayakan pembebasan lahan sekitar 10 atau 15 tempat dengan luas masing-masing 5 hektare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com