Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kaca Bromo-Tengger-Semeru Siap Diresmikan 2024

Kompas.com - 25/12/2023, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Kaca diproyeksikan menjadi ikon baru di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru (BTS), Provinsi Jawa Timur.

Jembatan Kaca termasuk Terminal Wisata Seruni Point dan Infrastruktur Permukiman Cemorolawang ditargetkan bisa diresmikan pada awal tahun 2024.

Jembatan Kaca sepanjang 120 meter tersebut dibangun oleh Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur (BGTS) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga.

Kepala BGTS Fahmi Aldiamar mengatakan, jembatan tersebut telah melalui uji beban untuk menguji performa struktur dan keamanan jembatan, sehingga mampu memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi wisatawan setelah dioperasikan.

"Dari uji beban, diperoleh bahwa Jembatan Kaca dapat memikul beban hingga 8,4 ton atau setara dengan 100 orang. Namun dalam tahap operasional, perlu dipertimbangkan kembali kepadatannya dari segi keamanan dan kenyamanan pengunjung," jelas Fahmi, dikutip dari keterangan resmi.

Di sisi lain, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Ditjen Cipta Karya J. Wahyu Kusumosusanto mengatakan, Terminal Wisata Seruni Point bisa menjadi tempat singgah dengan berbagai fasilitas pendukung sebelum ke area puncak Seruni Point, tempat melihat matahari terbit.

Baca juga: Jembatan Kaca Seruni Point Lalui Uji Beban Karung Pasir Seberat 7 Ton

"Sedangkan peningkatan infrastruktur permukiman di Cemorolawang bertujuan untuk perbaikan infrastruktur yang mendukung ketahanan bencana, pariwisata, dan permukiman sekitarnya," kata Wahyu.

Lingkup pekerjaan Terminal Wisata Seruni Point, meliputi pembangunan Gerbang Bentar, Bangunan Multifungsi Depan, Bangunan Multifungsi Atas, Bangunan Multifungsi Tengah, Bangunan Multifungsi Bawah, Parkir, Amphiteater dan Tourist Information Center.

Sementara di kawasan Cemorolawang dilakukan pekerjaan Jalan Lingkungan, Drainase, Dinding Penahan Tanah (DPT), Titik Kumpul, dan Penerangan Jalan.

Tersedia pula Taman Edukasi Kebersihan/Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R), dan Toilet Modular di kawasan ini.

"Pekerjaan dilakukan mulai September 2022. Adapun kontraktor pelaksananya adalah PT Sasmito, dengan konsultan manajemen konstruksi KSO PT Yodya Karya-Indah Karya," tandas Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com