Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Surau Sydney, Gubernur Sumbar: Jembatan antara Ranah dan Rantau

Kompas.com - 26/11/2023, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SYDENY, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah meresmikan Surau Sydney, Australia, Jumat (24/11/2023).

Surau yang berdiri di Bankstown, New South Wales, ini dibangun oleh Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS) Sydney dengan dukungan berbagai pihak, baik yang berada di Australia maupun di Tanah Air.

"Dengan peresmian ini, pemanfaatan Surau dapat difungsikan secara baik dan maksimal oleh warga-warga minang dan diaspora Indonesia lainnya di Sydney," kata Mahyeldi.

Mahyeldi menganggap surau ini sebagai simbol dari eratnya rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan warga minang di Sydney sekaligus menjadi jembatan antara Ranah dan Rantau.

Baca juga: Sydney akan Punya Gedung Pencakar Langit dari Kayu Setinggi 182 Meter

Terwujudnya Surau Sydney merupakan buah dari budaya minang yang ditanamkan dari generasi ke generasi.

Masyarakat minang memiliki kecerdasan sosial, sehingga akan dengan mudah membaur dengan masyarakat lokal dan perantau minang adalah etalase minangkabau di mana pun mereka berada.

"Ini semua tidak terlepas dari buah budaya minangkabau yang diturunkan dari generasi ke generasi," katanya.

Ketua Surau Sydney Novri Latif menambahkan, selain berfungsi sebagai rumah ibadah, Surau Sydney juga digunakan untuk pusat budaya dan pendidikan.

"Bagi masyarakat minang, Surau tidak saja menjadi simbol agama, tetapi juga menjadi simbol adat minang. Artinya, untuk tempat ibadah, dan pendalaman nilai-nilai agama serta menjadi semacam pusat pendidikan budaya dan adat istiadat," ungkap Novri.

Baca juga: One Global Residences and Resorts, Hunian Premium di Sydney dengan Fasilitas Mirip Hotel

Surau Sydney juga dilengkapi fasilitas bagi generasi muda minang untuk bertemu dan berdiskusi demi kemaslahatan bersama.

"Berdirinya Surau Sydney menjawab kegelisahan kita akan pudarnya adat dan budaya minang pada generasi kita selanjutnya," ujar Novri.

Surau ini dibangun di atas lahan seluas 450 meter persegi. Sementara luas bangunannya mencapai 400 meter persegi.

Konjen RI Sydney Vedi Kurnia Buana Surau Sydney tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat minang tapi juga menjadi kebanggaan diaspora Indonesia yang ada di Australia, sekaligus sarana untuk memperkokoh jati diri bangsa.

"Ini enjadi kebanggan kita dan (berfungsi) sangat penting untuk semakin memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan komunitas kita serta (memperkuat) jati diri bangsa," kata Vedi.

Gubernur Sumatera Barat berada di Sydney, Australia dalam rangka keikutsertaan Pemprov Sumatera Barat dalam Pameran Indonesia bertajuk Indonesia by the Harbour 2023.

Selain itu, juga melakukan pertemuan dengan diaspora Indonesia, menjajaki kerja sama dengan Universitas New South Wales, menandatangani Letter of Intent (LOI) pengembangan bahasa dan budaya serta promosi potensi investasi dan pariwisata yang ada di Sumatera Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com