Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Optimistis 104 Kabupaten/Kota Lengkap Tahun Ini

Kompas.com - 17/04/2024, 15:52 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku optimistis dapat mencapai target 104 Kabupaten/Kota Lengkap se-Indonesia tahun ini.

Optimisme tersebut disampaikan AHY kala mengunjungi Kantor Kementerian ATR/BPN di Kuningan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

“Kalau dilihat baru 15 (Kota/Kabupaten Lengkap), tetapi sesungguhnya begini, yang lainnya on-progress (sedang berjalan). Ada yang 70 persen, 80 persen, 90 persen, ada yang tinggal sedikit lagi. Artinya, sesuai dengan timeline kita optimistis,” tegas AHY.

Baca juga: AHY Mengaku Lebih Senang Dengar Isu Langsung dari Pejabat

AHY menambahkan, memang pada awal tahun waktunya lebih lama dalam penyelesaian target 104 Kota/Kabupaten Lengkap karena ada masalah administrasi maupun persiapan.

Namun, begitu sudah siap akan terjadi akselerasi yang baik.

“Jika dibandingkan tahun lalu di bulan yang sama, sebetulnya pencpaian ini lebih baik. Karena itu, 104 sudah 15, sisanya 89,” tambah AHY.

Menurutnya, dari 89 Kota/Kabupaten yang belum lengkap tersebut akan terbagi dalam empat tahap penyelesaian dan nantinya tuntas pada Desember 2024.

“Jadi, nanti diselesaikan sekian puluh, sekian puluh, masing-masing tahapan ada sekitar 20-an ya biar gampang, 20-an Kabupaten/Kota Lengkap ini akan kita deklarasikan. Ya, ini sedang on-going, on-progress,” ungkap dia.

Nantinya, setiap dua minggu sekali akan ada laporan progres dari Kepala Kantow Wilayah (Kanwil) sesuai dengan tahapannya.

“Jadi, 104 ini masih on-the track, 104 ini akan menjadi target yang akan tercapai,” tuntas AHY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com