Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah dengan Dua Kamar Ini Dibangun Cuma 18 Jam

Kompas.com - 26/04/2024, 13:54 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber New Atlas

KOMPAS.com - Salah satu keuntungan dari rumah yang dibuat dengan teknologi cetak 3D adalah pengerjaan yang cepat dan terjangkau.

Baru-baru ini, produsen properti Portugal, Havelar, baru saja memproduksi rumah cetak 3D perdananya yang bisa diselesaikan dalam waktu 18 jam saja.

Terletak di kawasan Greater Porto di kota terbesar kedua di Portugal, hunian dua kamar tidur memiliki luas 80 meter persegi.

Baca juga: Pertama di Dunia, Arab Saudi Resmi Punya Masjid Cetak 3D

Rumah ini dibangun menggunakan printer BOD2 COBOD, yang juga digunakan untuk memproduksi gedung cetak 3D terbesar di Eropa .

Menurut COBOD, satu unit rumah dari Havelar dapat diproduksi dengan harga 1.500 Euro atau Rp 26,1 juta per meter persegi.

 

 

Tentu harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga rumah di Porto yang mencapai 3.104 Euro atau Rp 53,9 juta per meter persegi.

Harga yang lebih murah ini sebagian besar disebabkan oleh kecepatan konstruksi yang ditawarkan oleh teknologi cetak 3D.

Baca juga: Kian Populer, Rumah Cetak 3D dari Beton Asli Dibangun di Oman

Pembuatan rumah dilakukan oleh printer 3D yang mengeluarkan campuran sesuai cetak biru untuk membangun struktur dasar rumah.

Walau konstruksi kerangka rumahnya hanya memakan waktu 18 jam, namun para tukang dilibatkan dalam pemasangan jendela, pintu, panel, atap, dan segala hal lain yang diperlukan.

Termasuk lamanya kerja tukang, keseluruhan proyek memakan waktu kurang dari dua bulan untuk diselesaikan.

Rumah dari Havelar merupakan hunian sederhana satu lantai. Interiornya ditata mengelilingi dapur dan ruang makan. Selain dua kamar tidur, ada juga ruang tamu dan kamar mandi.

Havelar sendiri berharap dapat meningkatkan produksi rumah cetak 3D dan turut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon dengan menggunakan bahan konstruksi alternatif seperti tanah dan jerami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com