Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budi Karya Minta Aset Bandara Tuanku Tambusai Diserahkan ke Kemenhub

Kompas.com - 06/05/2024, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar aset Bandara Tuanku Tambusai di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, segera diserahkan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Terkait hal itu, Budi Karya sudah menyampaikan kepada jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di Riau agar berkoordinasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT).

Sehingga, proses penyerahan aset pun bisa segera dilaksanakan.

“Apabila sudah diserahkan, maka perawatan-perawatan bandara bisa dilakukan oleh Kemenhub,” tegas Budi Karya dikutip dari laman Kemenhub, Minggu (5/5/2024).

Baca juga: Resmi Dipangkas, Ini Daftar Terbaru Bandara Internasional di Indonesia

Budi Karya berpendapat, keberadaan bandara tersebut perlu dioptimalkan. Pasalnya, konektivitasnya tidak terbatas ke Batam, namun juga bisa ke daerah lain, seperti Medan atau wilayah-wilayah lainnya.

“Dengan dioptimalkannya Bandara Tuanku Tambusai, maka masyarakat akan semakin mudah untuk melakukan perjalanan dari kabupaten ini ke tempat-tempat yang lain,” terang dia.

Untuk diketahui, Bandara Tuanku Tambusai memiliki runway berdimensi 1.300 meter x 30 meter.

Sehingga, bisa didarati oleh pesawat berjenis ATR72-500/600. Adapun luas terminal bandara ini adalah sebesar 3.630 meter persegi.

Terkait rute penerbangan, Bandara Tuanku Tambusai melayani rute Batam-Pasir dengan frekuensi dua kali dalam seminggu. Maskapai yang melayani rute tersebut sejauh ini adalah Susi Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com