Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Dunia, Arab Saudi Resmi Punya Masjid Cetak 3D

Kompas.com - 11/03/2024, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arab Saudi resmi menjadi menjadi negara pertama di dunia yang membangun masjid menggunakan teknologi cetak 3D (3D printing).

Pencapaian ini melampaui ambisi Dubai, Uni Emirat Arab, yang juga berencana untuk membangun masjid cetak 3D pertama di dunia pada awal tahun 2025.

Masjid cetak 3D di Arab Saudi tersebut bernama Masjid Abdulaziz Abdullah Sharbatly, yang terletak di pinggiran Al-Jawhara, Jeddah.

Baca juga: Hanya Perlu 140 Jam untuk Rampungkan Bangunan Cetak 3D Terbesar di Eropa

Masjid ini milik pengusaha wanita Saudi, Wajnat Abdulwahed, dan dinamai seperti nama mendiang suaminya.

Masjid yang baru saja diresmikan pada Jumat (8/3/2024) tersebut memiliki luas 5.600 meter persegi dan dibangun menggunakan printer 3D dari pabrikan China, Guanli.

Pembangunan Masjid Abdulaziz Abdullah Sharbatly memakan waktu sekitar enam bulan dan menggunakan total empat printer 3D.

Desain area luar ruangan masjid yang dibiarkan terbuka itu terinspirasi oleh bentuk Hijr Ismail yang berada di samping Kabah di Masjidil Haram.

Baca juga: Inilah Desain Masjid Negara IKN dengan Biaya Hampir Rp 1 Triliun

Fungsinya sebagai area tambahan untuk menampung jemaah di luar masjid pada saat shalat Jumat, shalat tarawih pada bulan Ramadhan, dan shalat Idul Fitri.

Dikutip dari laman Middle East Monitor, Wajnat Abdulwahed mengatakan, konsep desain masjid dirancang untuk menumbuhkan rasa ketenangan di antara jemaah selama beribadah.

“Oleh karena itu, desain masjid dipusatkan pada area yang mudah diarahkan ke arah kiblat,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com