Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Teknologi di IKN, Otorita Jajaki Kerja Sama dengan IBM dan NYC OTI

Kompas.com - 24/04/2024, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menjajaki kerja sama dengan IBM dan New York Office for Technology and Innovation (NYC OTI).

Hal ini ditandai lewat kunjungan yang dilakukan oleh delegasi OIKN yang dipimpin oleh Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Ali Berawi pada Senin (22/4/2024).

Sementara Ali Berawi mengajak perusahaan global dan kolaborator internasional dalam membangun IKN.

"IKN merupakan bentuk proses transformasi kerja melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam penguasaan dan pengembangan teknologi," ujar Ali Berawi, dikutip dari keterangan resmi.

Senior Vice President dan Chief Commercial Officer IBM Rob Thomas menjelaskan mengenai kontribusi IBM untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan teknologi di IKN.

"Tiga teknologi, Hybrid Cloud, Artificial Intelligence, dan Quantum Computing menjadi fokus dalam pengembangan teknologi IBM," katanya.

Baca juga: Jelang 17 Agustus, Kendaraan Listrik Akan Beroperasi di IKN

Penerapan teknologi manajemen aset dengan memanfaatkan teknologi sensor IoT dan diotomasi dengan teknologi kecerdasan buatan akan mengefisienkan pengelolaan dan pelayanan di IKN.

Sementara, Direktur Smart City dan IoT Paul Rothman menyatakan, dalam tugasnya NYC OTI juga melakukan berbagai riset terkait pengelolaan kota serta pengembangan dan pemanfaatan teknologi terbaru.

NYC OTI merupakan penanggung jawab terhadap pemanfaatan teknologi digital dari kecerdasan buatan, penyediaan broadband, keamanan siber, pemanfaatan data, kerahasiaan informasi, hingga pengelolaan kota cerdas.

"NYC OTI memfasilitasi kegiatan pilot project melalui insiatif Smart City Testbed untuk mendorong inovasi dalam penyelenggaraan kota di New York melalui percepatan proses uji coba bagi teknologi baru," tutur Paul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com