Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Syarifah Syaukat
Mahasiswa CEP Doktoral Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia

Mahasiswa CEP Doktoral Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, ini juga seorang peneliti senior sejak 2009 hingga saat ini pada Pusat Penelitian Geografi Terapan FMIPA UI.

Sejak 2020, Syarifah menempati posisi sebagai Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia.

Lima Tahun ke Depan, Pertumbuhan "Crazy Rich" Indonesia Lampaui Dunia

Kompas.com - 23/04/2024, 14:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BARU-BARU ini Knight Frank merilis The Wealth Report (TWR) 2024 edisi ke-18, yang merupakan flagship publication dari Knight Frank.

Publikasi ini mengulas tren pertumbuhan crazy rich di dunia, juga termasuk mengulas tren properti dalam perspektif mereka.

Setiap tahunnya, publikasi TWR menemukan fenomena yang terjadi berdasarkan attitude survey, dan memformulasikan tren yang akan datang pada tahun berikutnya berdasarkan observasi melalui data cohort.

Crazy rich terdiri dari dua kategori yakni Ultra High Net Worth Individual (UHNWI), dan High Net Worth Individual (HNWI).

Baca juga: Seperti Apa Rumah Mewah yang Bakal Dilirik Crazy Rich Indonesia?

Komunitas crazy rich yang disebutkan sebagai satu persen populasi Bumi ini, memiliki definisi kekayaan sebagai berikut:

HNWI adalah individu dengan kekayaan bersih minimal 1 juta dolar AS atau ekuivalen Rp 15 miliar, termasuk kediaman utamanya.

Sedangkan, UHNWI merupakan individu dengan kekayaan bersih minimal 30 juta dolar AS atau setara Rp 450 miliar, termasuk kediaman utamanya.

Masih menurut TWR 2024, pertumbuhan UHNWI dan HNWI Indonesia tahun 2023 sama dengan rerata global (4,2 persen).

Sementara, dalam lima tahun ke depan pertumbuhan crazy rich Indonesia bakal melampaui rerata global yakni 34 persen dibanding 28 persen.

Dan Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki pertumbuhan crazy rich yang tinggi, bersama Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Vietnam dan tentu saja China.

Pertumbuhan UHNWI dan HNWI dalam TWR didapatkan melalui metode wealth sizing model yaitu pengumpulan dan pengolahan data cohort, dengan menggunakan berbagai variabel.

Antara lain koefisien Gini atau distribusi pengeluaran per kapita penduduk suatu daerah, PDRB per kapita, angka harapan hidup, konsumsi atau belanja pemerintah dan risiko politik.

Baca juga: Luar Biasa, Jumlah Crazy Rich Indonesia Bertambah 9 Persen

Variabel penentu pertumbuhan crazy rich bersifat multidimensi, dan variabel tersebut sangat mempengaruhi fluktuasi perhitungan pertumbuhan populasi dan aset mereka dari tahun ke tahun di suatu negara.

Dengan refleksi data dan tren yang diungkap oleh TWR diharapkan mampu membantu menavigasi bisnis, dengan melihat radar pada tataran global dan regional, yang kemudian dapat diderivasi menjadi strategi yang tepat pada tataran lokal.

Temuan 2023

Laporan TWR 2023 bisa menjadi petunjuk bagi para pelaku usaha, untuk melihat arah pergerakan pengelolaan aset yang berlaku secara global.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com