Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Preservasi Rampung, 43 Km Jalan Lintas Timur di Riau Sudah Mulus

Kompas.com - 03/05/2024, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) melalui Badan Usaha Pelaksana (BUP) PT Adhi Jalintim Riau (AJR) telah menyelesaikan preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di Provinsi Riau.

Preservasi Jalintim di Riau dengan total panjang 43 Km merupakan jalur utama logistik di Pulau Sumatera.

Kegiatan preservasi ini meliputi Jalan Simpang Kayu Ara (Pekanbaru)-Batas Kabupaten Pelalawan, Jalan Batas Pelalawan-Sikijang Mati, dan Jalan Sikijang Mati-Simpang Lago, rehabilitasi 3 jembatan, rekonstruksi 1 jembatan dan Fasilitas Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) sebagai sarana pendukung jalan.

Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Farid Budiyanto mengatakan, Tim Penerima Hasil Konstruksi dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau telah mengesahkan dan menerima pekerjaan konstruksi pada 26 April 2024, sehingga PT AJR saat ini resmi memasuki masa layanan dengan masa komitmen selama 12 tahun ke depan.

"Dengan pelaksanaan preservasi ini maka ADHI telah secara aktif turut berkontribusi dalam penyediaan jaringan transportasi yang aman, mengembangkan infrastruktur yang berkualitas sehingga mendukung akses yang terjangkau dan merata bagi semua," jelasnya dikutip dari laman Keterbukaan Informasi BEI, Jumat (03/05/2024).

Baca juga: Basuki Minta HPJI Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Adapun kegiatan preservasi jalan ini guna mendukung konektivitas dan pertumbuhan wilayah di Pekanbaru, Riau.

Selain itu Provinsi Riau juga melakukan pengembangan terhadap Pusat Kegiatan Nasional Kota Pekanbaru untuk meningkatkan daya tarik investor dan juga mengembangkan Kawasan Strategis Provinsi Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan (PEKANSIKAWAN) untuk mempercepat pembangunan daerah dengan membangun infrastruktur perhubungan/transportasi sehingga pembangunan ini juga dapat meningkatkan perdagangan barang/jasa tidak hanya di wilayah Provinsi Riau tetapi juga di ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com