Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kondisi Lalin Dua Tol Penghubung Aceh-Sumut

Kompas.com - 04/05/2024, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tengah menyelesaikan pembangunan dua ruas yang akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

Kedua ruas tol yang dimaksud yakni Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi I (Padang Tiji-Seulimeum), dan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 3 (Tanjung Pura-Pangkalan Brandan).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Adjib Al Hakim menyampaikan, secara akumulasi, progres konstruksi kedua jalan tol tersebut sudah mencapai lebih dari 93 persen.

Bagaimana dengan Volume Lalu Lintas (VLL) ruas tol tersebut yang sudah beroperasi?

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (3/5/2024), Tol Sibanceh yang sudah beroperasi yakni Seksi II–VI (Seulimum-Blang Bintang) telah beroperasi dilintasi 3.000 kendaraan setiap harinya.

Baca juga: Dua Ruas Tol Penghubung Aceh-Sumut Beres Akhir 2024, Progres 93 Persen

Sementara untuk Tol Binjai-Pangkalan Brandan, yang sudah beroperasi Seksi 1-2 (Binjai-Tanjung Pura) dengan rata-rata VLL 9.000 kendaraan per hari.

Kini, pembangunan infrastruktur di dua provinsi tersebut menjadi fokus pemerintah. Hal ini ditunjukkan dengan dukungan dari Pemerintah yang didapatkan oleh Hutama Karya.

Ini melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

“Dalam perpres baru, sejumlah jalan tol yang akan memperkuat jaringan jalan tol di bagian utara Sumatera masuk dalam pembangunan tahap III, dimana sebelumnya jalan tol ini berada pada daftar pembangunan tahap IV,” tutup Adjib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com